1000 Pusaka Peninggalan Kerajaan Di Pamerkan Di Museum Negeri Banten

13

Medianews.co.id,- Serang – Pelestari Seni dan Budaya Seni Golok Indonesia (SGI), setelah sukses gelar pameran Kirab 1000 Pusaka di Kota Karawang, Jawa Barat. Saat ini menggelar kembali Pameran Golok Kirab 1000 Pusaka dengan tema ‘Gerakan Cinta Museum’ yang di gelar dari tanggal 31 Oktober sampai 3 November 2019 di Museum Pendopo Lama, Alun-alun, Serang, Banten, Sabtu (2/11/2019).

Ariyanto yang akrab biasa dipanggil Ki Kumbang atau Ki Gubes, pendiri Padepokan Kumbang Kapuk yang juga Guru Besar SGI menjelaskan, bahwa Pameran Golok ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara perguruan Silat di seluruh Indonesia, sedikitnya 50 perguruan silat akan hadir dalam event tersebut.

“Selain silaturahmi memberikan pengenalan edukasi peninggalan sejarah kepada pelajar maupun masyarakat Banten. Juga para peserta akan di berikan edukasi mengenai berbagai macam jenis golok dari berbagai daerah di Indonesia sebagai salah satu kekayaan bangsa Indonesia. Kami berharap masyarakat luas mencintai dan mengerti berbagai warisan seni budaya Indonesia khususnya Pencak Silat dan Golokā€, tegas ki Kumbang.

Ditemukannya berbagai macam golok dengan dengan cara berburu atau menggali tempat yang dulunya bekas peninggalan zaman dulu, baik yang terpendam di tanah ataupun berada di laut. Dengan menggunakan alat detektor logam dan magnet untuk di lautan maupun tanah.

“Kita menemukan berbagai jenis senjata seperti golok, keris, tombak serta lainnya dengan cara berburu tempat yang asalnya atau dulunya pernah terdapat sejarahnya. Dimana tempat tersebut dulunya dijadikan tempat pembuatan senjata seperti golok , tombak , maupun keris,” Tuturnya.

Adapun pusaka yang dipamerkan sebanyak 1000 pusaka dengan berbagai jenis pusaka seperti Tombak Keris Kujang, Golok serta lain sebagainya.

” Golok yang dipamerkan dari era Banten Girang sampai masuknya Pajajaran Lintas Sriwijaya sampai Era Kesultanan Banten paling sedikit berumur 300 hingga 820 tahun, dengan memamerkan sekitar 1000 golok di Museum Negeri Banten atas kerjasama dengan Kepala Museum Banten,” jelasnya.

Ki Kumbang pun berencana akan mengundang 13 Perguruan Silat yang ada di MancaNegara pada bulan Februari 2020 mendatang. (Anna/red)