Akibat Tidak Adanya Drenase Lingkungan Sumampir Timur Terendam Banjir.

749

Medianews.co.id, Cilegon, Hujan yang turun beberapa jam diwilayah Kota Cilegon, mengakibatkan banjir di beberapa tempat terutama di lingkungan Sumampir timur, Kelurahan Kebondalem Kecamatan Purwakarta.
Hujan yang mengguyur dari jam tiga pagi hingga siang hari tersebut mengakibatkan banjir yang merendam beberapa RT di lingkungan Sumampir timur

Menurut Rufaji Zahuri Selaku Tokoh Pemuda Peduli Lingkungan Mengatakan banjir yang merendam lingkungan nya tersebut di duga diakibatkan Debit air yang mengalir dari Wilayah Krakatau Steel kepemukiman Warga.

“Banjir saat ini yang sangat parah, karena air hujan dari kawasan Krakatau Steel (KS) terutama dari wilayah PT. waja tama, Rumah Sakit, melalui jalur lapangan golf tersebut mengalir langsung ketempat warga yang mengakibatkan banjir hingga satu meter setengah,” ungakapnya.

Ia menambahkan banjir yang terjadi memang karena bencana alam, dan seharusnya perusahaan/industri terdekat bisa mengurangi debit air yang mengalir ke lapangan Golf dan pemukiman warga.

“Iya kita tidak munafik lah, karna banjirkan bencana alam yang tidak kita inginkan, kalau kita bisa mengurangi debit air yang tumpah dari kawasan KS yang melalui lapangan Golf ini, mungkin tidak separah ini, kita minta untuk di buatkan tandon serta drenase di Area Golf,” tambahnya.

Masih, Rufaji Zahuri dirinya meminta kepada pihak Krakatau Steel dan juga PT Dana Pensiun untuk segera mencari solusi penyelesaian tantang masalah banjir di lingkungan Sumapir Timur Kelurahan Kebondalem.

‘Saya minta kepada pihak KS dan PT. Dana Pensiun karena ada tanah milik Dana Pensiun, yang selama ini tidak Produktif dan hanya menimbulkan sampah dan banjir sehingga merugikan warga, saya mohon kepada PT. Dana Pensiun untuk mengambil sikap degan adanya banjir yang melalui tanah PT. Dana Pensiun,” pintanya.

Ia juga berharap ada penanganan langsung dari Pihak Krakatau Steel dan mencarikan Solusi dalam permasalahan banjir yang menimpa Warga RW 04.

“Harapan kita agar pihak dari krakatau Steel langsung terjun kelapangan, Cek lokasi dan bisa mencarikan solusi nya,
Agar bisa secepatnya untuk menormalisasikan aliran air serta bisa membuatkan tandon, serta drenase, karena ini tidak ada drenase nya, ini lah yang sangat fatal, kalau itu ada drenase insya allah banjir yang terjadi di lingkungan RW 04 bisa berkurang,”haralnya.

Ditempat yang sama Ridwan warga lingkungan Sumampir Timur keluhkan banjir yang merendam hingga satu meter di kediaman nya yang menjadikan beberapa alat elektronik rusak parah.
“Banjir kali ini sangat parah, alat alat elektronik pada rusak, kasur, parabot pada kerendam,” keluh Ridwan.

Dari pantauan di lapangan terlihat Polmas kelurahan kebondalem tengah memberikan pengamanan di rumah warga yang terendam serta membantu warga memindahkan barang barang yang bisa diselamatkan, dan kerugian warga ditaksir hingga ratusan juta rupiah.(supri).