Aksi Menyalakan Lilin, Protes Kekerasan Terhadap Jurnalis Di Jambi

51

Medianews.co.id, Bandar Lampung – Aksi kekerasan terhadap jurnalis kembali terulang. Kali ini dialami oleh jurnalis Kompas TV yang sedang melakukan liputan penyambutan api abor Asian Games 2018 di Jambi. Aksi kekerasan itu dilakukan oleh oknum pengamanan api obor.
Hal ini membangkitkan solidaritas jurnalis yang ada di Provinsi Lampung, dengan melakukan aksi menyalakan lilin di Eleveny Park Bandar Lampung yang dihadiri oleh seluruh wartawan yang ada di Bandar Lampung baik wartawan media cetak, elektronik maupun online. Mereka manamakan aksi tersebut dengan nama aksi 0608.
Dalam aksi tersebut, koordinator aksi 0608 Aris Susanto menyampaikan beberapa hal yaitu penyalaan lilin sebagai simbol agar para aparatur negara dan aparatur hukum membuka mata bahwa wartawan bukan musuh negara.
” Wartawan adalah pekerja jurnalis yang membantu negara untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat,” katanya dalam orasinya.
Selain itu Aris Susanto juga meminta kepada penegak hukum untuk segera menangkap oknum pelaku aniaya terhadap wartawan KompasTV di Jambi.
” Kami meminta agar oknum pelaku tersebut di keluarkan dari kepanitian Asian Games 2018 serta diproses sesaui dengan hukum yang berlaku,” tegasnya.
Dalam aksi ini juga disampaikan apabila sampai dengan tanggal 8 Agustus yang bersangkutan belum ditangkap, maka seluruh wartawan yang ada di Kota Bandar Lampung akan memboikot acara penyambutan api obor Asian Games 2018 yang direncanakan akan diberangkatkan dari tugu gajah Bandar Lampung pada 8 agustus besok.
▪Editor : AMY
▪Sumber : Lampung Media