Beberapa Elemen, Desak Walikota Cilegon Agar JPT Pilih Putra Daerah.

39

Medianews.co.id,- CILEGON- Elemen masyarakat Kota Cilegon juga mendesak Walikota Cilegon, Edi Ariadi untuk memilih putra daerah dalam lelang atau Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemkot Cilegon di akhir tahun 2019 ini.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua LSM Banten Monitoring Perindustrian dan Perdagangan (BMPP), Deni Juweni yang menilai pentingnya putra daerah dengan jiwa kedaerahannya untuk menduduki jabatan strategis kepala dinas.

“Jelas kami mendukung putra daerah untuk duduk sebagai kepala dinas, karena dengan jiwa kedaerahan dan pemahamannya soal daerahnya sendiri atau kearifan lokal, ini potensi penting yang menunjang kinerja. Masa dari sekitar 29 OPD di Pemkot Cilegon hanya 5-6 saja tah yang jadi kepala OPD,” tegasnya. Kamis (18/12/2019).

Selain itu, pria yang akrab disapa Kang Jen ini lebih spesifik menyoroti tajam soal kinerja dinas yang kepala dinasnya masuk dalam lelang jabatan. Untuk dilakukan perubahan dengan adanya kepala dinas baru.

“Maka dari itu, saya mendorong Pemkot Cilegon untuk memprioritaskan putra daerah Cilegon yang memang berkompeten. Dan kalau perlu harus diisi oleh pejabat baru untuk menunjang kinerja dan membuat perubahan dan perbaikan kinerja. Contohnya Dishub, perlu adanya gebrakan. Karena selama ini bisa kita lihat, kemacetan Cilegon makin parah, pengelolaan terminal, bahkan ngurus parkir saja sampai beberapa kali ada demo,” bebernya tegas.

“Termasuk di OPD lainnya, putra daerah yang dengan potensi kearifan lokalnya, harus diprioritaskan. Dan kenapa di PU tidak pejabat putra daerah yang maju,” imbuhnya.

Dukungan kepada putra daerah untuk menduduki jabatan strategis kepala dinas juga diungkapkan oleh Anggota DPRD Kota Cilegon dari Fraksi Partai Demokrat, M. Ibrohim Aswadi yang sangat mendukung upaya proses lelang jabatan di beberapa OPD di Lingkungan Pemkot clCilegon

“Dalam rangka memberikan ruang dan kesempatan yang seluas- luasnya kepada mereka mereka yang sudah memenuhi persyaratan. Dan lelang tersebut semoga juga bisa mempertimbangkan sisi- sisi potensi SDM putra daerah yang ada, yang dipandang layak, kredibel, potensial dan memenuhi segala persyaratan untuk diberikan kesempatan,” ujarnya.

Diketahui saat ini, 5 OPD yang sudah dilakukan lelang jabatan JTP Pratama, sudah keluar pengumuman peringkat Penilaian Akhir Seleksi Terbuka dari Pansel, dengan Surat bernomor: 480/27/PANSEL/XII/2019, yang isinya sebagai berikut:

Kepala Dinas Pendidikan dengan peringkat nilai kandidat:
1. Ismatullah
2. AH Junaedi
3. Lia Nurlia Mahatma

Kepala Dinas Perhubungan dengan peringkat nilai kandidat:
1. Sofan Maksudi
2. Sulelah
3. Uteng Dedi Apendi

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dengan peringkat nilai kandidat:

1. Luhut Malau
2. Tunggul Fernando
3. Wilastri Rahayu

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dengan peringkat nilai kandidat:

1. Hayati Nufus
2. Meisuri
3. Tarto Wahyudi

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, dengan peringkat nilai kandidat:

1. TB. Dendi Rudiatna
2. Mariano Correia D C
3. Ridwan

Dan kabarnya para kandidat kepala dinas ini besok Kamis (19/12/2019) akan menghadap ke Walikota Cilegon.