BKSDA Jawa Barat, Berhasil Menangkap Seekor Monyet Berkeliaran Di Perumahan

31

Medianews.co.id,- Serang – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat telah berhasil menangkap seekor monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) di Perumahan Gedong Kaloran, Serang, Banten, Senin (22/7/2019).

Kepala Resort Wilayah III BKSDA Serang Tuwuh Rahardianto Lababan mengatakan bahwa menurut informasi dari warga monyet yang berkeliaran di pemukiman ada 3 ekor monyet panjang, baru tertangkap baru 1 ekor. Dengan melakukan upaya kandang jerat dan menjadikan monyet yang tertangkap dijadikan umpan.

“Selama ini warga banyak yang mengeluhkan keberadaan monyet yang selalu meresahkan warga yang masuk ke pekarangan rumah, kita juga sudah memasang kandang jerat sejak 5 hari yang lalu dan tertangkap minggu siang,” ungkapnya.

Menurutnya, kemungkinan sangat kecil monyet itu dari hutan karena pemukiman ini jauh dari hutan akan tetapi dekat dengan sungai kecil. Maka dari itu, bisa ada beberapa kemungkinan dilepaskan pemilik atau lepas sendiri.

“Bagi yang memelihara monyet ekor panjang, saya menghimbau agar menyerahkan ke BKSDA untuk dilepaskan liarkan ke alam habitatnya, daripada lepas sehingga meresahkan warga,” imbaunya.(anna/red)