Bunda Anak Autis Indonesia Siap keliling Indonesia Demi Anak Autis

393

Medianews.co.id – Riau, Bunda Anak Autis Indonesia, Dr. Imaculata Umiyati, S.Pd, M.Si hadir dalam Festival Anak Autis Riau yang bertajuk Riau Aut Fest 2018 pada Minggu(22/04) yang diselenggarakan Lab School di Gedung Serindit Kompleks Kegubenuran, Jalan Diponegoro Pekan Baru.

Riau Aut Fest 2018 merupakan ajang eksis anak-anak berkebutuhan khusus dalam menampilkan bakarlt dan kratifitasnya.

Dalam sambutannya Bunda Ima(sapaan Imaculata) sebagai Bunda Anak Autis Indonesia yang juga Pimpinan Imaculata Autism Broarding School menyampaikan bahwa Fungsi sebagai Bunda Anak Autis Indonesia yang melekat pada dirisnya setelah dinobatkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI(KPPPA) pada peringatan Hari Anak Autis di Gedung Aula Kartini KPPPA beberapa waktu lalu. Menurutnya Bukan hanya sekedar mengajar mereka (anak autis), para terapis atau guru, tetapi lebih dari itu yaitu melindungi anak autis seluruh Indonesia dari segala kekerasan, baik kekerasan malpraktek maupun terapi abal-abal.

“Tujuanku bukannhanya sekedar mengunjungi, atau empati dengan anak autis, kita akan menata bukan memusuhi, menata bagaimana carannya, mereka itu bisa mengajar dengan tepat dan tidak menjual apa yang tidak ada gunanya mengatas namakan anak autis”, Papar Bunda Ima.

Penulis Buku 1001 Cara Mengajarkan Kemandirian Pada Anak Berkebutuhan Khusus ini menekankan agar peran serta Orang Tua sangatnya penting dan agar tidak termakan rayuan gombal dan iklan tidak masuk akal. ” Supaya Orang Tua cerdas, cerdas dalam arti tidak mudah termakan buaian dan iklan-klan, misal makan ini bisa sembuah dan rayuan lainya”, imbuhnya

Wanita yang sudah mendedikasikan 33 Tahun membina danmendidik dengan total karena di asrama ini ingin mengajarkan dan mentraining para orang tua dan Guru atau para teraois dengan metode-metode yang tepat dan sudah terbukti agar keluarga yang memiliki anak autis ikut serta belajar demi perkembangan yang terbaik untuk anaknya.

“Saya ingin mengajakan metode-metode Saya kepada semua, baik orang tua murid atau guru, karean orang tua agar tidak beropini autisbitu mahal, kalo memang karena special satu guru satu anak, kalo sekolah umum 1 guru bisa megang 40 anak lebih jelasnya Saya ingin keluarga ini memang harus belajar dan saya siap mentraining untuk di seluruh indonesia”, tandas Wanita Inspirasi Versi Mabes Polri ini.

Bunda Ima mengaku siapnke pelosok-pelosok dalam rangka agar anak autis dapat berkembang dengan maksimal, org tua juga agar terhindar dari terapi abal-abal yang justru merugikan anak dan para orang tua.

“Seiring dengan perkembagan frepalensi anak-anak autis yang sangat banyak dibarengi dengan maraknya tempat terapi abal-abal dan malpraktek, Saya harus memastikan agar kegiatan malpraktek harus dihentikan, itulah salah satu fungsi Saya sebagai Bunda Anak Autis Indonesia” tutupnya.

Acara inu dihadiri Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak), Arist Merdeka Sirait, Ketua DPRD Provinsi Riau, Dra. Hj. Septina Primawati, MM, segenap Tamu Undangan dan para Siswa Lab School yang meramaikan Festival Anak Autus Riau 2018. (Ldy/Znd)