Cegah Covid-19, DPRD Dogiyai Palang Jalan Trans Nabire-Ilaga di KM 130 s/d KM 160

29

Medianews.co.id,- Nabire, – Sejumlah anggota DPRD kabupaten Dogiyai bersama masyarakat melakukan pemalangan jalan trans nabire-ilaga sebagai upaya pencegahan virus corona

Aksi pemalangan tersebut disaksikan Kepala Distrik Siriwo, Yohanes Butu, S.Sos, anggota Koramil 1705-01/Nabire, Pelda Anang Fitrianto, serta Kapolsubsektor Siriwo, Aipda Robby. di KM 130, Distrik Siriwo, kabupaten Nabire, pantauan medianews.co.id, Kamis, (09/04). Pagi ini.

Agus Tebai, Anggota DPRD Dogiyai, mengatakan, Ada sejumlah alasan yang mendasari pemalangan jalan oleh 10 anggota DPRD Dogiyai tersebut, diantaranya, minimnya APD bagi para petugas kesehatan di Posko, serta masih banyaknya warga yang tidak mentaati kesepakatan bersama pimpinan daerah di Wilayah Meepago terkait pembatasan akses transportasi.

Selain itu, Kata Agus, ada indikasi bahwa warga yang datang dari Manokwari lewat jalan darat tidak dikarantina di Nabire tetapi langsung naik ke pedalaman.

“Alasan penting lainnya yang mendasari pemalangan jalan tersebut adalah pemutusan rantai penyebaran Covid-19 di kabupaten Dogiyai, mengingat masih banyak warga Dogiyai yang belum menyadari berbahayanya virus ini jika menyebar di Dogiyai, “Jelasnya.

Selain itu, para suster yang ada di Posko KM 100 mengeluhkan minimnya APD sehingga hal itu menjadi dasar pemalangan ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi B, Arnoldus Iyai, mengatakan, seiring meningkatnya angka kematian akibat wabah Covid-19 maka DPRD Dogiyai sepakat untuk melakukan pemalangan demi masyarakat Dogiyai,” Tegasnya dari tempat yang sama.

Sedangkan menurut Elko Tebai selaku Ketua Komisi C, menegaskan bahwa pemalangan ini dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat karena wabah corona ini sangat mendunia dan membuat kehilangan banyak nyawa di seluruh dunia.

“Sebelum virus ini beredar di kabupaten Dogiyai, kami ambil langkah untuk mengendalikan, melindungi seluruh rakyat Dogiyai dari wabah virus corona ini, adalah langkah antisipasi sebelum barang ini menyebar”, Tegas Elko Tebai, kepada media ini, dari lokasi pemalangan.

Adapun anggota DPRD Dogiyai yang melakukan pemalangan tersebut masing-masing Elias Anouw selaku Ketua DPRD, Agus Tebai selaku Ketua Komisi A, Arnoldus Iyai selaku Ketua Komisi B, Elko Tebai selaku Ketua Komisi C, dan juga Melianus Woge, Yusuf Iyai, Pilipus Pigai, Yones Waine, Bernadus Iyai dan Yulianus Gane. (Jekikom)