Cegah Gangguan Kamtibmas, Personil Dit Samapta Polda Banten Rutin Laksanakan Patroli.

52

Medianews.co.id,- SERANG, BANTEN – Dalam rangka mencegah akan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polda Banten personil Direktorat Samapta Polda Banten rutin melaksanakan kegiatan Patroli Roda Empat, Jum’at (29/03/2019).

Kapolda Banten Irjen Pol Drs Tomsi Tohir, M.Si melalui Dirsamapta Polda Banten Kombes Pol Jondrial, S.I.K mengatakan bahwa kegiatan patroli R4 sebagai wujud untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kejahatan jalanan serta dapat mewujudkan Kambtibmasy yang kondusif di wilayah hukum Banten.

“Kami menyisir daerah rawan kejahatan dimulai dari rute keberangkatan Polda Banten hingga Perempatan Mayabon – Lampu merah – KP3B – Palima – Baros Cadasari – Alun alun Pandeglang – Terminal Kadu Banen. Patroli ini sebagai wujud kehadiran Polri di masyarakat dengan tujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, sehingga situasi keamanan di wilayah Banten menjadi kondusif,” kata Jondrial.

Selain untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, lebih lanjut Jondrial menjelaskan bahwa kegiatan patroli ini di lakukan dengan berkomunikasi pada petugas Dishub untuk mengecek angkutan umum guna meminimalisir laka lantas.

Selanjutnya anggota juga menghimbau pada warga Stadion Badak agar selalu memperhatikan lingkungan sekitar guna mencegah anak-anak remaja agar tidak menyalahgunakan obat-obatan terlarang dan minuman keras yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain, kemudian menyambangi perumahan Gard Arfa Resort agar selalu melaksankan patroli dan memeriksa orang yang tidak di kenal saat memasuki perumahan untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

“Dalam patroli, personil juga mengingatkan petugas keamanan untuk mengecek selalu keadaan wilayah sekitar, dan memperhatikan kendaraan yang datang dan pergi serta melaporkan ke pihak kepolisian terdekat jika terjadi hal yang mencurigakan,” tukasnya.

Sementara itu ditempat berbeda Kabid Humas Polda Banten AKBP Edy Sumardi Priadinata, S.I.K, M.H mengatakan personil Ditsamapta Polda Banten yang bertugas juga berdialog dan selalu mengingatkan kepada petugas keamanan yang sedang berjaga agar selalu berhati-hati dalam bertugas, apalgi jam malam merupakan jam rawan kejahatan.

“Pesonil Dit Samapta menyambangi petugas keamanan, warga Desa dengan cara berdialog menghimbau agar selalu waspada, berhati-hati saat sedang bertugas. Dan jangan lupa melaksanakan patroli keliling serta segera melaporkan kepada petugas kepolisian setempat jika ada hal-hal yang mencurigakan,” jelas Edy.

Edy menuturkan, selama pelaksanaan patroli R4, situasi lokasi dan jalur yang dilalui regu Patroli aman terkendali dan tidak ditemukan adanya kriminalitas atau kejahatan jalanan. (Red)