Cinta Alam, Lanal Melonguane Dan Saka Bahari Daki Gunung Piapi Pulutan

7

Medianews.co.id — Surabaya
Komandan Lanal Melonguane, Lantamal VIII Manado, jajaran Koarmada II Letkol Mar Augustinus Purba S. E selaku Penasehat Pramuka Saka Bahari bersama seluruh anggota Lanal Melonguane melaksanakan kegiatan Cinta Alam ,dengan mendaki Gunung Piapi Pulutan yang memiliki ketinggian kurang lebih 864 meter di Desa Pulutan Kecamatan Melonguane Timur ,Kabupaten Kepulauan Talaud.

Selain itu pendakian ini juga dalam rangka menempuh ujian pengambilan Tanda Kecakapan Khusus Tapak Hitam, sebagai simbol keberhasilan seorang Pramuka Saka Bahari dapat berjalan melalui rintangan selama 3 jam di gunung maupun di jalan raya.

Sebanyak 110 siswa Pramuka Saka Bahari dari SMAN 1 Melonguane, SMAN 2 Kiama dan SMKN Melonguane menjadi peserta kegiatan alam ini. Mereka terdiri atas 55 siswa laki-laki, dan 55 siswa perempuan, serta 25 pembimbing dari Lanal Melonguane.

” Melalui kegiatan yang mengusung tema Memupuk Rasa Kebersamaan dan Kecintaan Terhadap Lingkungan, diharapkan TNI AL melalui Lanal Melonguane dapat menumbuhkan rasa cinta alam, dan memupuk mental serta rasa kebersamaan antar anggota Pramuka Saka Bahari “, ujar Augustinus di sela pendakian.

Augustinus pun menambahkan jika anggota Pramuka Saka Bahari Melonguane juga mendapatkan wawasan dan sejarah Gunung Piapi oleh Pentuah Adat Pulutan (Ratung Banua) , yang diberikan pada saat mereka telah mencapai puncak Gunung Piapi Pulutan.

(Dinas Penerangan Koarmada II) Report by : mansyur