Danrem 042 Gapu bersama Kapolda Sambut Purna Tugas Satgas Pamtas Yonif R 142 Ksatria Jaya

22

Medianews.co.id, Jambi, – Komandan Korem 042/Gapu, Brigjen TNI M. Zulkifli menyambut kedatangan prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia – Republik Demokratik Timor Leste (RI-RDTL) dari Yonif Raider 142/Ksatria Jaya di Mayonif 142/KJ, Paal 2, Kasang, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Minggu (23/8/2020).

“Sebanyak 400 personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ sebelumnya pagi tadi telah tiba di pelabuhan Boom Baru dan disambut oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi.” kata Danrem.

Ia menjelaskan pasukan yang dipimpin oleh Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) sekaligus Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Dansatgas Pamtas) Republik Indonesia – Republik Demokratik Timor Leste (RI-RDTL), Letkol Inf Ikhsanudin itu akan langsung menjalani karantina selama 14 hari di Mako Yonif 142/KJ.

Selaku Danrem 042/Gapu dan atas nama seluruh keluarga besar Korem 042/Gapu mengucapkan Selamat Datang kepada satgas Pengamanan perbatasan RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ dari
Daerah penugasan pamtas RI-RDTL ke home base. “Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi dan pelaksanaan tugas dalam menjaga integritas dan keutuhan wilayah perbatasan negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Selama lebih kurang 12 bulan, kalian telah melaksanakan tugas Pamtas RI-RDTL, disadari bahwa melaksanakan tugas pengamanan wilayah perbatasan bukan tugas yang ringan, namun sangat mulia dan strategis, karena wilayah perbatasan merupakan beranda depan NKRI yang bernilai strategis bagi kedaulatan negara.

Terlebih tugas Pengamanan di wilayah perbatasan RI-RDTL yang memiliki tingkat kerawanan dan resiko yang tinggi, terutama aktivitas berbagai kegiatan ilegal seperti permasalahan pelintas batas, human trafficking dan tindakan kriminal penyelundupan narkoba dan kelompok separatis bersenjata yang ingin memisahkan diri dari NKRI, ujar Danrem.

Keberhasilan yang telah dicapai di daerah penugasan, tentu menjadi bekal dan pengalaman yang sangat berharga dalam menyongsong tugas-tugas ke depan yang semakin berat dan penuh dinamika. Oleh sebab itu, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan tugas yang telah dilakukan sebagai bahan penyempurnaan dalam peningkatan kualitas pembinaan satuan, sehingga kredibilitas dan reputasi Satuan Yonif R 142/KJ tetap terjaga dan terpelihara, bahkan dapat lebih ditingkatkan.

Lakukan inventarisasi dan pengamanan, baik personel, materil maupun pengamanan berita. Sadari bahwa tidak semua yang kalian lihat, dengar, rasakan, dan alami selama di daerah penugasan dapat diberitahukan kepada orang lain, termasuk di media sosial, terlebih yang menyangkut rahasia tentara.

Laksanakan kegiatan harcegah terhadap peralatan yang telah digunakan dengan baik sebelum penggudangan, sehingga peralatan tersebut tetap dalam kondisi baik dan siap operasional serta dapat digunakan pada penugasan yang akan datang.

Segera menyesuaikan diri dengan kondisi dan lingkungan satuan di home base. tetap jaga disiplin, berperilaku santun, simpatik dan sederhana serta membuang jauh-jauh sifat arogan. “Jadilah prajurit pelopor, yang selalu mentaati setiap rambu dan aturan yang berlaku, sehingga menjadi suri tauladan yang baik bagi masyarakat serta selalu didambakan kehadirannya oleh masyarakat”.

Terakhir, saya berpesan dalam menyikapi tentang situasi yang berkembang saat ini terutama Pandemi Covid-19 yang mana sampai saat ini belum juga berakhir maka kita harus disiplin mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah seperti memakai masker, mencuci tangan, menggunakan sabun dengan air yang mengalir dan selalu menjaga jarak dimulai dari diri sendiri dan keluarga agar dapat memutuskan mata rantai Covid-19 tersebut, pungkasnya.

Upacara penyambutan kedatangan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 142/KJ ini dipimpin Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Firman Shantyabudi, didampingi Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, Ketua DPRD Prov Jambi Edi Purwanto dan Kajati Jambi Dr. Johanis Tanak dan dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur, Wakil Wali Kota Jambi, Wakil Bupati Tebo, Kepala OJK Jambi, Kepala TVRI, Kepala RRI Jambi, PJU Polda Jambi, Kasrem 042/Gapu beserta Kasi Korem, serta Dan/Kasatbalakrem 042/Gapu.(Mansyur)

(Penremgapu)