DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI JABAR GANDENG BAJU BAJA WARNAI TAMAN KEHATI

87

Medianews.co.id,- Sumedang – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat menyiapkan lahan Konservasi Bambu di Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Bambu Juara Bambu Jawa Barat (BAJU BAJA) yang diprakarsai LSM Hijau Lestari Indonesia melakukan tinjauan dan paparan langsung kepada kelompok pengelola Taman kekayaan Hayati (KEHATI) dibawah Pembinaan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa barat, di Taman Keaneka Ragaman Hayati milik Pemprov JABAR di Desa Sindang Sari, Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang.

Dengan potensi luas lahan yang berdekatan dengan Bumi Perkemahan Kiara Payung yang dikelola DLH ini memiliki luas 15 Hektar untuk memaksimalkan Taman sebagai taman kekayaan hayati.

“Maka DLH memberikan Ruang pada Team Pelaksana Program BAJU BAJA untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam pembibitan dan Konservasi Tanaman Bambu di Taman Yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup Tersebut,” Ungkap Nita Nilawati Walla, SP., M.Si sebagai Kepala Seksi Konservasi Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati DLH Pemprov Jabar.
Kamis, 25 April 2019

Ia menambahkan, Keberlangsungan pengelolaan lahan Konservasi yang sudah ditanami ratusan pohon langka tersebut harus di warnai oleh ekologi Bambu sebagai Warna tanaman Botani sebagai kekayaan Hayati di provinsi Jawa Barat.

“Maka kontribusi BAJU BAJA harus disinergikan dengan potensi kekayaan alam yang dimiliki oleh Jawa Barat pada Khususnya,” tambahnya.

Hal senada dikatakan Ir. Hj. Dewi Nurhayati, M.Si Kepala Bidang Konservasi Lingkungan dan Pengendalian Perubahan Iklim Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, Keberadaan program yang datang dari Hijau Lestari Indonesia ini menjadi potensi gagasan yang baik karena sudah berfikir dari hulu ke Hilir.

“Pihak Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat akan segera berkolaborasi dengan TPP Baju Baja dan Kelompok Kerja HLI Regional Sumedang, Desa Sindang Sari untuk melakukan konservasi dan Budi Daya Bambu dilahan KEHATI milik Pemprov Jawa Barat,”katanya.

Iyan Rafiyan salah satu dewan pengarah BAJU BAJA yang didampingi ketua Program Oki Hikmawan dalam paparan Program dihadapan masyarakat dan Karang Taruna Desa di sekitar Taman KEHATI memberikan pencerahan akan manfaat Bambu dan Nilai Jual Bambu untuk menjadi komoditi peningkatan Ekonomi yang dilaksanakan oleh Bambu Juara Bambu Jawa Barat secara lengkap.

“Pendampingan kegiatan Budi Daya potensi Bambu Produktif selanjutnya akan terus dilakukan di lahan yang ada di bawah gunung manglayang ini dan menjadikan motor penggerak untuk pembangunan Desa khususnya di kecamatan Sukasari dan Kecamatan Jatinangor kabupaten Sumedang,”

“Untuk mendorong kerjasama yang akan segera direalisasikan Baju Baja telah menyiapkan sepuluh jenis Tanaman Bambu untuk Budi Daya dan penanaman secara bertahap di Lahan yang telah disiapkan. Letak geografis yang menguntungkan menjadi bidikan utama program Baju Baja selanjutnya,”tegasnya.

Ia juga berharap pelaksanaan program budi daya BAJU BAJA dapat terlaksana secepatnya.

“Semoga dibulan depan TPP Bambu Juara Bambu Jawa Barat dapat memulai pelaksanaan program Budi Daya Bambu di Taman Kehati ini, secara bertahap dan berkesinambungan,” harapnya.(MH)