Disambut Gubenur HD, Pemprov Dukung Penyelenggaraan UKW Akbar dan Rakernas I di Bumi Sriwijaya

4

PALEMBANG,- Medianews.co.id,- Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) Provinsi Sumatera Selatan berbicang ringan namun serius dengan Gubernur Herman Deru di Griya Agung, Jum’at malam (07/04/2023).

Silaturahim ini DPD PJS Sumsel diawali dengan perkenalan Pengurus DPD yang baru terbentuk pada Musda beberapa waktu kemarin. Momentum ini pun dimanfaatkan untuk melaporkan ihwal DPD PJS Sumsel yang dpercaya oleh DPP PJS menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I pada bulan Agustus 2023 mendatang.

Bukan hanya itu, sebagai tanggungjawab PJS terhadap wartawan dalam bidang pengembangan SDM, DPD akan menggelar UKW Akbar yang akan dilaksanakan pada akhir Mei 2023 di Muara Enim.

Gubernur Herman Deru dalam penyampainnya menyambut baik agenda besar yang akan dilakukan oleh kawan-kawan DPD PJS Sumsel.

“Tentunya Pemerintah daerah Provinsi Sumatera Selatan mendukung dan ikut mensukseskan program PJS terkait Rakernas PJS yang akan dilaksanakan di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan,”ucap orang nomor satu di Sumatera Selatan itu.
Demikian halnya dengan rencana gelaran Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Akbar yang akan di gelar di Mura Enim dengan jumlah kelas yang cukup banyak.

“Jelas, Uji Kompetensi Wartawan ini penting bagi wartawan atau jurnalis itu sendiri dan Pemerintah Provinsi siap mensukseskan dan welcome,” tegasnya.

Sekretaris DPD PJS Sumsel, Bambang menuturkan pada saat audensi berlangsung, pihaknya telah melaporkan kepada Gubenrur HD demikian dirinya disapa terkait dua agenda besar yang berskala Daerah maupun skala Nasional.

“Ya, persiapan agenda daerah yakni penyelenggaraan Rakerda di Lubuk Linggau dan agenda nasional Rakernas di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Gubernur tegaskan dalam hal ini pihak pemerintah Sumatera Selatan dapat menjadi mitra strategis dan fasilitator untuk kegiatan Rakernas di Kota Palembang. Kesuksesan Rakernas di Kota Palembang akan menjadi suksesnya Pemerintah Provinsi dan masyarakat Sumatera Selatan secara keseluruhan,” tutur Bams Sapaan akrabnya.

Hal ini dipertegas Ketua DPD PJS Sumsel, Rino Triono bahwa terkait agenda Daerah maupun Nasional akan menjadi suatu kesuksesan apabila pemerintah ikut terlibat didalamnya.

“Gubernur Herman Deru siap dalam menyambut agenda Rakernas PJS. Kita akan melakukan audiensi lagi ke Gubernur terkait rincian support baik berupa akomodasi peserta selama di Palembang dan kebutuhan lainnya,” tegas Ketua Rino yang saat ini mengendarai PJS di Sumsel.

Gelar UKW Akbar
Sebagaimana yang telah disampaikan ke Gubernur soal rencana Pengurus DPD dan DPC se Sumsel menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Akbar di Muara Enim. Ini tentunya merupakan harga mati yang wajib dilakukan untuk pengembangan SDM wartawan di Palembang.

Baca juga  Tim Nasyid Arridwan Al-Marashli Esemble dari Syria Meriahkan Doa Bersama dan Shalawat Pegawai Pemkot Cilegon

Selama ini tegas Rino, kesempatan untuk ikut UKW hampir tidak ada sama sekali bagi wartawan yang tidak bergabung di salah satu organisasi pers. Namun, setelah PJS hadir, maka kesempatan ini terbuka luas, dimana PJS menjadi panitia penyelenggra UKW yang dilaksanakan oleh lembaga penguji UKW dibawah rekomendasi Dewan Pers.

Penyelenggaraan UKW ini bisa terwujud karena ini merupakan visi utama dari PJS untuk menjadikan wartawan kompeten.

“Dibawah arahan Ketua Umum DPP PJS, Kando Mahmud Marhaba, agenda UKW ini bisa terwujud, apalagi beliau merupakan salah satu penguji UKW dari UPN Veteran Yogyakarta. Ini pun mematahkan issue yang dihembuskan oleh beberapa oknum wartawan di daerah ini, dimana pelaksanaan UKW hanya bisa dilakukan oleh satu organisasi pers saja. Jadi itu tidak benar dan kita bisa melakukannya,” tegas Rino usai pertemuan dengan Gubenrur HD.

Direncanakan, UKW akan diikuti oleh 60 peserta wartawan aktif atau sekitar 10 kelas Muda dari pengurus dan anggota PJS dari berbagai kabupaten kota, dimana sebagai tuan rumah penyelenggaran UKW yakni DPC Muara Enim.

“Kita prioritaskan pengurus dan anggota PJS yang ikut. Dan tidak menutup kemungkinan peserta UKW dari luar anggota PJS akan ikut juga,” ungkap Rino Triono.

“Kita akan menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kabupaten Muara Enim. Gubernur berpesan dan menegaskan bahwa UKW ini sangat penting bagi wartawan atau jurnalis agar kedepan pekerja pers melahirkan produk jurnalistik sesuai Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers,” tegas Rino penuh keyakinan.

Untuk itu, Ketua Divisi Humas DPD PJS Sumsel, Noto menegaskan jika apa yang disampaikan Ketua dan Sekretaris DPD PJS Sumsel sudah selarans dengan apa yang disampaikan Gubernur Sumsel.

“Pertama, selain mempersiapkan lebih matang terkait agenda Daerah dan Nasional, Gubernur menegaskan siap mendukung dua agenda tersebut. Kedua, dimata Gubernur Sumsel, bapak Herman Deru, PJS merupakan salah satu organisasi profesi wartawan yang bersahabat dengan pemerintah untuk membangun kemitraan dalam mengupayakan kemajuan dan bersinergi dengan Gubernur menjadikan Sumsel sebagai lumbung pangan,” tegasnya.

Selain Ketua DPD, Sekretaris DPD dan Ketua Divisi Humas PJS, hadir pula Divisi Hukum dan Advokasi Wartawan DPD PJS Sumsel, bung Taufik dan bung Saparyanto.*[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini