Gelar Rakor Dan Rencana Dimulai RS.Bhayangkara, Antisipasi Virus Corona.

31

Medianews.co.id,- Palangka Raya, – Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya mengadakan rapat koordinasi (Rakor) dan simulasi penanggulangan virus corona, Selasa (04/2/2020)

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kabiddokkes Polda Kalteng Kombes Pol dr. Danang Parmudji, M.A.R.S. ini, dilaksanakan di Aula Rumkit Bhayangkara Jalan A. Yani Kota Palangka Raya.

Hadir pada kegiatan ini, Karumkit Bhayangkara Kompol dr. Anton Sudarto dan dihadiri oleh Dir Intelkam Polda Kalteng, Kabidhumas Polda Kalteng, Dandenkesyah Korem 102/Panju Panjung, Dinkes Provinsi Kalteng, Dinkes Kota Palangka Raya, RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya, RSUD Kota Palangka Raya, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Palangka Raya, RS. TNI AD Palangka Raya, Puskesmas Pahandut Palangka Raya, serta Puskesmas Menteng Palangka Raya.

“Situasi terkini terkait perkembangan Novel Corona Virus berdasarkan data WHO pada bulan Februari 2020 secara global kasus terkonfirmasi di Negara China sebanyak 14.557 dan 300 kematian sedangkan diluar Negara China terdapat 146 kasus,” beber Kabiddokkes dalam sambutannya.

Melihat situasi dan kondisi saat ini, lanjutnya, perlu adanya kewaspadaan dan kesiapsiagaan guna mengantisipasi penyebaran Novel Coronavirus (Virus Corona) dan upaya penanganan penderita yang terindikasi penyakit tersebut.

“Dalam hal ini diperlukan adanya koordinasi dan kolaborasi dari berbagai pihak terkait dalam upaya promotif dan preventif guna mencegah penyebaran virus tersebut, khususnya di wilayah Kalimantan Tengah,” kata Danang.

Kabiddokkes berharap, melalui kegiatan Rapat Koordinasi ini, semua pihak dapat menentukan langkah-langkah antisipasi guna mencegah penyebaran Novel Coronavirus dengan bantuan dari berbagai pihak yang terkait dan memberikan edukasi atau penyuluhan kepada masyarakat khususnya di wilayah Kalimantan Tengah.

Untuk mengantisipasi terjadinya virus tersebut. Rumah Sakit Bhayangkara Tk. III Palangka Raya melakukan simulasi penanganan pasien Novel Corona Virus dan berkerjasama dengan pihak terkait yang sudah ditentukan.

Ida Jurnalis Kalteng