Jaga Ekosistem Lingkungan, PT LCI Tanam Ribuan Pohon Mangrove

9

Medianews.co.id,- Cilegon – PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) melakukan kegiatan penanaman 15 ribu pohon mangrove di sepanjang garis pesisir pantai Karangantu Teluk Banten, kamis (18/7/2019).

Turut di hadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Banten, Dinas Lingkungan hidup Cilegon (DLH) , LSM Rekonvasi Bumi, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Cilegon, BAPPL STP Serang.

Presiden Direktur LCI Mr. Kim Yong Ho mengatakan PT LCI menggandeng LSM Rekonvasi Bumi selaku pihak penggiat lingkungan hidup untuk acara penanaman 15 ribu pohon mangrove sebagai kepedulian terhadap lingkungan hidup.

“Penanaman pohon mangrove di harapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang kepada masyarakat wilayah untuk mengurangi dampak abrasi laut serta peresapan air laut ke daratan,” jelasnya.

Salah satu dari prinsip-prinsip manajemen PT LCI adalah menghargai dan menjaga keharmonisan dengan lingkungan dan masyarakat.

“Kami ingin terus bergandeng tangan dengan pemerintah serta masyarakat untuk pelestarian lingkungan hidup yang khususnya untuk pelestarian pohon mangrove,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan hidup dan Kehutanan Provinsi Banten Husni Hasan berpendapat bahwa wiliyah disini sangat strategis untuk ditanami mangrove, Karena keberadaan mangrove ini bisa mencegah abrasi pantai, disis lain juga menjadi wadah untuk budidaya baik itu kerang, kepiting, udang.

“Dengan ini bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat nelayan pesisir, bahkan di berbagai tempat justru hutan mangrove ini dijadikan destinasi wisata, kita akan menuju kearah sana. Baik itu sebagai budidaya perikanan kemudian untuk menjadi bemper terjadi nya abrasi. Ini juga bisa memperkecil resiko kerugian jika terjadi nya tsunami,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Ketua DPC HNSI Kota Cilegon H. Yayan Hambali mengatakan bahwa penanaman dan pelestarian pohon mangrove salah satu tindakan yang sangat tepat untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Penanaman pohon mangrove sebagai bentuk karya nyata yang dilakukan PT LCI, semoga kedepannya menjadi bermenfaat bagi kelestarian lingkungan juga bermanfaat bagi keberlangsungan para Nelayan,” ungkapnya.

Lebih lanjut H. Yayan Hambali mengapresiasi kepada manajemen PT LCI terkait tingkat kepedulian terhadap masyarakat nelayan terutama nelayan di Kota Cilegon.

“Banyak hal yang sudah dilakukan PT LCI Kepada Nelayan, diantaranya Bantuan Bangunan serbaguna, membantu pembuatan empang ikan, warung nelayan, sembako dan lain sebagainya,” ungkapnya.(red)