JAMA’AH MASJID AL JIHAD PERUM TNI AL LAKSANAKAN SHOLAT ‘IDUL ADHA DAN BAGIKAN HEWAN QURBAN

11

Medianews.co.id,- Sidoarjo, Jatim,-
Di hari ‘Idul Adha 1440 H bertepatan Minggu,(11/8) Keluarga Jamaah Masjid Al Jihad Perumahan Jalagriya yang berlokasi di Blok C VII/C VIII Komplek Perumahan Non Dinas TNI AL Candi Sidoarjo melaksanakan sholat Idul Adha sekaligis penyembelihan hewan qurban dengan Imam dan Khotib KH. Roufuddin Fakih .

KH Roufuddin Fakih dari Pondok pesantern Al Hidayah Taggulangin Sidoarjo dalam khutbahnya menekankan bahwa mengamalkan apa yang telah di contohkan oleh Nabi Ibrahim atas Ismail, yang intinya adalah untuk patuh melaksanakan perintah Allah , melatih kepedulian sosial apabila kita punya kelebihan harta maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian untuk diqurbankan dalam wujud binatang ternak dan dagingnya di bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan terutama di lingkungan tempat tinggal. “Dengan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dapat meningkatkan iman dan taqwa seseorang, sebagai sosok pengasuh pondok Al Hidayah ini juga menyampaikan harapan agar seluruh jamaah yang hadir, sebagai bapak bisa berperan/ mencontoh perilaku nabi Ibrahim, untuk para ibu dapat berperan sebagaimana Istri nabi Ibrahim dan sebagai anak dapat berperan dan mencontoh nabi Ismail. Kesemuanya itu intinya adalah dalam rangka ketaatan menjalankan perintah Allah SWT” tuturnya.

Ta’mir masjid Al Jihat Ustdz Keteman meningatkan kepada jama’ahnya bahwa : “ tujuan dilaksanakan penyembelihan hewan qurban adalah untuk memupuk rasa empati kepada masyarakat lingkungannya, menjadi seorang dermawan, menjadikan rizki barokah, bertaqwa kepada Allah yang akan menjadi bekal di hari akhir dan memupuk sikap solidaritas sehingga dalam kehidupan di lingkungan Masjid Al Jihad menjadi rukun serta jauh dari sikap tamak.” tuturnya.

Dasar dari penyembelihan hewan qurban tertuang dalam kitab suci Umat Islam Alqur’an surat Ash Shaafaat : 102-107. Yang artinya “ Maka tatkala anak itu sampai ( pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata : “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu”Ia menjawab : “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang di perintahkan kepadamu, insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis (nya), (nyatalah kesabaran keduanya), dan Kami panggillah dia: “ Hai Ibrahim sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu, sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata, dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.”

Menurut ketua Panitia ustadz Jarod Rahmad Basuki, dengan adanya penyembelihan hewan qurban saat ini di harapkan seluruh jamaah dan masyarakat di sekitar masjid Al Jihat akan semakin kompak, bersatu dalam kebersamaan menuju kesempurnaan iman dan taqwanya. Hasil pengumpulan hewan qurban masjid Al Jihad serta masyarakat di lingkungan sekitarnya ini terkumpul sapi 4 ekor dan 14 ekor kambing, kesemuanya hasil hewan qurban di bungkus dibagi menjadi 3 bagian, sebagian di bagikan kepada peserta Qurban, sementara lainnya 475 bungkus dibagikan kepada panti asuhan Darul Aitam, guru gaji, penjaga makam Islam di desa Kedungkendo, iman sholat taroweh, petugas pembersih sampah serta untuk kaum duafa yang hadir di lokasi penyembelihan serta sisanya untuk masyarakat sekitar masjid Al Jihad” pungkasnya (red).