Jika Diisolasi, Pemkot Akan Tanggung Kebutuhan Pangan Pasien

11

Medianews.co.id,- CILEGON – Mengantisipasi terjadinya lonjakan pasien Covid-19, Pemerintah Kota Cilegon diketahui telah menyiapkan tiga tempat isolasi. Selama menjalani masa isolasi tersebut, pemkot akan menanggung biaya pangan pasien.

Diketahui, Pemkot Cilegon menyediakan ruang isolasi terkait Covid-19 di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon dengan kapasitas 50 tempat tidur, di RSUD Cilegon dengan kapasitas 23 tempat tidur dan di Panti rehabilitasi di daerah Cikerai, Kecamatan Cibeber milik Dinas Sosial Kota Cilegon dengan kapasitas 40 tempat tidur.

“Jadi kalau misal ada 1 (pasien) ya 1 itu tanggung jawab sini, biaya makan selama 14 hari. Sekali makan berapa? Misal Rp 30 ribu, plus buah jadi Rp 100 ribu lah dikali 14 hari jadi Rp 1,4 juta (per satu pasien-red) kalau ada tiga ya dikalikan. Itu kita siapkan,” kata Walikota Cilegon Edi Ariadi.

Diungkapkannya, nantinya biaya tersebut berasal dari anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Cilegon tahun 2020. Yang pasti, Edi menekankan bahwa Pemkot Cilegon telah melakukan sejumlah persiapan terlebih memasuki masa mudik. Dikhawatirkan ada pemudik dari zona merah yang terindikasi maka akan ditempatkan di ruang isolasi yang sudah disiapkan.

“Kita gak mau kalau ada apa-apa kita belum siap,” tuturnya.