Kapolda Lampung buka perlombaan polisi cilik (POCIL)

8

Medianews.co.id– LAMPUNG – Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto,M.Si buka perlombaan polisi cilik ‘Piala Kapolda’ dalam rangka Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-64 .

Perlombaan polisi cilik bertema ‘Dengan Semangat Promoter, Ditlantas Polda Lampung Mengoptimalkan Pelayanan Lalu Lintas Berbasis IT Guna Mendukung Program Road Safety’ tersebut diselenggarakan di

Gedung Graha Bakti Pramuka Bandar Lampung, pada Kamis (19/9/2019).

Hadir Wakapolda Lampung Brigjen Pol Drs.Sudarsono, SH.,M.Hum, Wagub Chusnunia Chalim(Nunik), Wali Kota Bandar Lampung Drs H Herman HN, MM. Pejabat Forkofinda Lampung, Polisi Cilik Jajaran Polda Lampung.

Kapolda dalam amanatnya mengatakan,dalam menekan korban kecelakaan, PBB Menggulirkan Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan, Dalam Resolusi PBB No 64/255 Tahun 2010, yang salah satunya, masing masing negara anggota PBB mempunyai kewajiban untuk mengambil langkah langkah menurunkan korban kecelakaan.

pocil Salah satu peserta polisi cilik.

Menindak lanjuti resolusi tersebut pemerintah RI mengambil langkah langkah dengan mengeluarkan Inpres No 4 Tahun 2013 tentang 5 Pilar dekade aksi keselamatan jalan, yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, prilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, penanganan pra dan pasca kecelakaan.

Salah satu upaya pemerintah dalam keselamatan berlalu lintas, Pada Tahun 2010 dengan membuat Memorandum of Understanding antara Mendiknas dan Kapolri dalam hal implementasi pendidikan berlalu lintas yang tertuang dalam pelajaran PKN.

Selain itu Kakorlantas Polri Juga mencanangkan terobosan dalam keselamatan berlalu lintas yakni melalui polisi sahabat anak, polisi go to school, polisi goes campus.

Terobosan Ini bertujuan untuk membentuk karakter dan pembinaan terhadap pelajar untuk berpartisipasi dalam menanamkan tertib lalu lintas sejak dini.

“Selamat berlomba kepada polisi cilik Lampung, polisi cilik merupakan teladan dan pelopor keselamatan berlalu lintas,” (ARIS)