Kelurahan Purwakarta Gelar Pembinaan Kesiapsiagaan Bencana

13

Medianews.co.id,- CILEGON,- Pemerintah Kelurahan Purwakarta Kecamatan Purwakarta menggelar kegiatan pembinaan kesiapsiagaan bencana yang diikuti oleh sejumlah tokoh masyarakat dengan menghadirkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Purwakarta, Selasa (28/7).

Camat Purwakarta Balukia Ikbal mengatakan, pihaknya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut, karena dinilai sangat penting untuk kewaspadaan di lingkungan masyarakat akan bahaya bencana, baik bencana alam maupun bencana non alam.

“Kegiatan ini sangat penting sekali, karena di wilayah kita khususnya Kecamatan Purwakarta juga sering terjadi bencana, contohnya banjir. Di Bukit Palem saja sering terjadi banjir padahal lokasinya tinggi,” ujar Baluqia didampingi Lurah Purwakarta Deni Sumantri.

Lanjut Balukia, melalui seminar ini diharapkan semua pihak diajak untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dan menanggulangi bencana yang bisa datang kapan saja.

“Yang namanya bencana ini kan datang bisa kapan saja, untuk itu masyarakat juga perlu mengetahui kesiapsiagaan bencana,” ungkapnya.
Sementara itu, Kasie Pemerintahan dan Ketertiban Umum Eni Setiawati menjelaskan, kegiatan ini menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat yang digulirkan ke pemerintah daerah.

Dikatakan Eni, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tindakan awal dalam menghadapi bencana.
“Minimal masyarakat itu mengetahui tindakan awal ketika terjadi bencana. Rencananya kita juga akan memberi Apar (Alat Pemadam Api Ringan) ke setiap masjid dan juga genset,” terang Eni.(priadz)