Kementerian Sosial RI Memberikan Bantuan Logistik dan Santunan Ahli Waris , kepada Korban Banjir bandang

11

Medianews.co.id,- Lebak Banten – Pemerintah melalui Kementerian Sosial RI mengirimkan bantuan kebutuhan dasar untuk warga terdampak banjir. Bantuan itu disalurkan ke Pesantren Latansa, SDN II Banjar irigasi, SMP IV Lebak Gedong, dan pengungsi di Dodiklaptur.

“Bantuan seragam sekolah karena bajunya hanyut waktu banjir bandang maka dari itu Kemensos menyalurkan bantuan, dibantu oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan dalam memberikan seragam sekolah untuk anak-anak yang memang sangat membutuhkan, ” kata Isteri Menteri Sosial Grace Batubara saat di wawancarai di Banjaririgasi, Lebak Gedong, Lebak, Banten, Selasa (21/1/2020).

Adapun Bantuan kebutuhan dasar tersebut berupa seragam sekolah untuk SD dan SMP, logistik peralatan sekolah, santunan ahli waris, perlengkapan solat dan penyaluran PKH.

“Kita memberikan 150 paket seragam sekolah untuk SDN I Banjar irigasi, 300 paket seragam untuk SMP IV Lebak Gedong, 100 paket seragam untuk SMA , 500 paket seragan untuk siswa pengungsi Dodiklaptur, logistik peralatan sekolah, santunan ahli waris, dan 300 paket peralatan solat,” tuturnya.

Menurut Grace Batubara, melihat kondisi warga apalagi anak-anak pasca banjir bandang merasa sedih, karena mereka harus sekolah di tempat pengungsian disebabkan sekolahnya terkena oleh banjir bandang, tapi tetap semangat sekolah meskipun keinginannya belum terlaksana.

“Kami hanya bisa memberikan semangat kepada mereka khususnya kepada siswa kelas enam yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) supaya tetap semangat untuk sekolah walaupun keadaannya seperti ini, serta semoga dengan adanya bantuan seperti seragam sekolah, alat-alat sekolah dan logistik, dapat meringankan beban mereka,” ungkapnya.

Adapun langkah langkah untuk para orang tua ataupun pemerintah provinsi Banten maupun Kabupaten kepada anak-anak mungkin dengan kasih sayang orang tua ataupun dari Psikososial akan membantu menghilangkan trauma healing, supaya mereka bisa bangkit kembali.

“Jangan lupa pendidikan itu nomor satu. Pesan Bapak Presiden agar anak-anak tetap sekolah, saya doakan semoga bisa kembali seperti semula dan bencana ini segera berlalu,” ungkapnya.( anna)