Komandan Kodikdukum Kodiklatal Buka Orientasi Siswa Dikmata XXXIX/1

38

Medianews.co.id,- Surabaya
Komandan Komando pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan laut (Kodiklatal) Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan secara resmi membuka masa orientasi Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Angkatan ke-39 Gelombang 1 yang berada dibawah Kodikdukum. Adapun pembukaan orientasi tersebut dilaksanakan di Lapangan apel Kodikdukum Kesatrian Bumimoro Kodiklatal jum’at (16/8/2019)

Hadir dalam pembukaan tersebut Wadan Kodikdukum, para Komandan Pusdik dijajaran Kodikdukum diantaranya Komandan Pusdiktek, Komandan Pusdikbanmin, Komandan Pusdiklek, Komandan Pusdikkes, Komandan Pusdikpomal dan Komandan Puspeknubika, selain itu hadir juga para Kabag dan Kama Kodikdukum Kodiklatal

Pembukaan pendidikan tersebut diikuti 236 orang yang selanjutnya akan disebar di lima Pusdik berbeda di bawah Kodikdumum. Kelima Pusdik tersebut adalah Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) yang mendidik 65 orang terdiri kejuruan Tata Usaha (TTU) 10 orang, Keuangan (Keu) 10 orang, Perbekalan 10 orang, Tata Graha 15 orang, Jasmani 10 orang dan Musik 10 orang.

Pusdik lainnya adalah Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) yang mendidik 59 orang siswa dengan kejuruan Asisten Para Medis (APM). Pusdik berikutnya Pusat Pendidikan Elektro (Pusdiklek) mendidik 59 orang siswa terdiri kejuruan (Elektronik Deteksi (Ede). Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) mendidik 38 orang terdiri kejuruan Mesin 10 orang, kejuruan Listrik 18 orang dan angkutan 10 orang. Sedangkan Pusdik yang paling sedikit mendidik siswa adalah Pusdik Polisi Militer (Pomal) yang hanya mendidik 15 orang siswa kejuruan Polisi Militer.

Dalam kesempatan tersebut Dankodikdukum Kodiklatal Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menempuh pendidikan dasar keprajuritan di Puslatdiksarmil Juanda sekaligus mengucapkan selamat datang di Kodikdukum Kodiklatal sebagi tempat pendidikan dasar golongan, kejuruan dan pengembangan profesi.

Pamen melati tiga di pundak ini mengingatkan bahwa mulai saat ini para siswa akan menimba ilmu kejuruan dan profesi dibeberapa Pusdik dibawah Kodikdukum sebagai bekal dalam penugasan di tempat yang baru. Kepada para siswa, dirinya berharap agar selama menempuh pendidikan, para siswa mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan moral yang baik serta kesamaptaan jasmani agar bisa menyelesaikan pendidikan kejuruan tepat waktu.

“Hindari perbuatan yang justru merugikan kalian sendiri seperti pelanggaran disiplin, tindak pidana maupun perdata antara lain perjudian, pencurian penipuan, pemakaian narkoba dan tindak asusila,” tegas Pamen melati tiga di pundak ini.(mansyur)