Komandan Kodiklatal Pimpin Penutupan Pendidikan Siswa Diktukpa TNI AL Angkatan ke-48

18

Medianews.co.id – Surabaya
Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto secara resmi menutup Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-48. Penutupan pendidikan yang diikuti 348 siswa tersebut dilaksanakan di Gedung Moeljadi, Kesatrian Bumimoro, Kodiklatal.
Dari 348 orang perwira yang dilantik, 333 orang diantaranya adalah siswa pria dan 15 orang sisanya adalah wanita (Kowal), dari jumlah tersebut 85 orang Korps Pelaut, 86 orang Korps Marinir, 60 orang Korps Teknik, 26 orang Korps Elektronika, 13 orang Korps Kesehatan, 53 orang Korps Suplai, 13 orang Korps Khusus, dan 12 orang Korps Pomal.
Prosesi Tupdik diawali dengan pernyataan resmi Penutupan Pendidikan (Tupdik) oleh Dankodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto penyerahan medali siswa terbaik tiap-tiap Korps dan dilanjutkan dengan penyerahan Ijazah kepada wisudawan. Lulusan terbaik pada Diktukpa angkatan ke-48 diraih oleh Siswa Diktukpa Pelaut Muhammad Iqbal dan menjadi perwakilan perwira pada penyematan tanda pangkat Letnan Dua (Letda) oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M pada Selasa 6 Agustus 2019.

Adapun lulusan terbaik tiap tiap korps sebagai berikut untuk korps teknik adalah Siswa Diktukpa Teguh Budi Winarto SH, korps elektronika siswa Diktukpa Parham A.Md, korps suplai siswa Diktukpa Hanung Sasongko, korps marinir siswa Diktukpa Gunawan Sudrajat, korps khusus siswa Diktukpa Shiddiq, korps kesehatan siswa Diktukpa Suhartoyo SMPh.SE dan korps Polisi Militer siswa Diktukpa Muncar ellinton Pasaribu.
Dalam sambutannya komandan kodiklatal menyampaikan selaku Komandan Kodiklatal dirinya mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan ini dengan lancar, insya allah besok pagi para siswa akan dilantik menjadi perwira pertama TNI AL sekaligus diambil sumpah perwira dalam suatu upacara prasetya perwira dengan inspektur upacara Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S, E., M. M.
Pada kesempatan tersebut Komandan mengucapkan selamat kepada mantan siswa Muhammad Iqbal, S. H sebagai siswa berprestasi terbaik dari korps Pelaut yang meraih penghargaan Jala Wira Adhiguna. “Saya Ucapan selamat yang telah berhasil meraih prestasi terbaik ditiap tiap korps, semoga prestasi tersebut dapat dipertahankan dimanapun nanti saudara ditugaskan, ” tegas komandan Kodiklatal.
Lebih lanjut disampaikan bahwa perubahan status dari bintara menjadi perwira membawa konsekuensi terhadap semakin besarnya tugas dan tanggung jawab yang harus diemban, sehingga mantan siswa Diktukpa diharapkan mampu mengubah pola pikir, pola tindak dan pola sikap sebagai seorang perwira TNI AL yang senantiasa mengedepankan keteladanan dalam perilaku dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang tugas masing masing.
Menurutnya seorang perwira harus mencerminkan figur perwira TNI AL yang bermoral, profesional dan berani sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kinerja kader pemimpin TNI AL masa depan yang andal dalam mewujudkan organisasi TNI AL yang profesional, dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global.