Kota Cilegon, Kota Yang Dipenuhi Pabrik Bersekala Nasional Masih Ada Rumah Yang Tidak Layak Huni

1013

Medianews.co.id_ Cilegon- Pasangan suami istri  Rahmat dan Santi yang berada di Lingkungan Sambidongko, RT/RW 05/02, Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, menempati rumah tidak layak huni berkonstruksi bangunan lama, dan dinding terlihat sudah ada yang roboh serta atap rumah yang sudah terlihat pada rapuh dan bolong.
Saat ditemui di kediamannya, Rahmat mengatakan selama bertahun-tahun bersama Istrinya tinggal di rumah tersebut. Belum mampu untuk membangun rumah layak huni seperti warga pada umumnya, karena dirinya hanya bekerja serabutan serta istrinya bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

“Beginilah kondisi Rumah kami, sekadar untuk berteduh, namun kalau hujan tiba saya ga berani didalam rumah takut roboh, kalau istri saya kerja sebagai ibu rumah tangga di perumahan, pulangnya kadang Se_minggu sekali, dan Jika pemerintah mau membantu rumah untuk kami, saya sangat bersyukur,” Katanya.
Ia menambahkan rumah yang ditempati tersebut sudah sering di surfai, difoto dan diminta biodatanya untuk didaftarkan sebagai penerima rumah bantuan.
“Kalau disurfai dan didata mah sudah berkali-kali, dan belum lama ini kami juga pernah di kumpulkan oleh kang Juli selaku BKM, di lokasi rehabilitas Dinas Sosial Kota Cilegon dan diberikan arahan dari Dinas Provinsi Banten, untuk bantuan rehab rumah tidak layak huni, namun sampai sekarang kami belum mendapatkan rumah bantuan tersebut,” Ucapnya.
Di tempat terpisah A.Jajuli selaku Badan Kesejahteraan Masyarakat (BKM), Kelurahan Cikerai menerangkan, dirinya mengakui pernah mengajukan rumah tidak layak huni atas nama Rahmat ke Dinas Sosial Provinsi Banten.
” Memang tahun kemarin kami ajukan untuk Program RTLH ke Dinsos Provinsi Banten, namun belum terealisasi, dan kami juga sudah ajukan kembali dengan mengajukan Proposal untuk ke Dinas Sosial Kota Cilegon, agar cepat dibantu dan diprioritaskan karena rumah tersebut memang layak untuk dibantu,”terangnya.
Ia juga menyayangkan Kota Cilegon dalam kemajuan nya sangat pesat dengan pabrik sekala Nasional namun masih ada warga yang menghuni rumah yang tidak layak.
“Tidak sepatutnya di kota Cilegon yang konon katanya di sebut Kota Dolar dan penuhi dengan Pabrik bersekala Nasional masih ada Rumah yg tidak layak huni, oleh sebab itu dari pihak Pemkot mohon segera di tindak lanjuti,” tandasnya.(Rdn)