Langgar Aturan Perwal tentang KTR. PT. KIEC Tidak Tahu Aturan.

11

Medianews.co.id,- CILEGON- Direktur Eksekutif NGO Rumah Hijau, Supriyadi menyayangkan kegiatan pameran motor bertajuk Suryanation, yang disponsori oleh pabrikan rokok Gudang Garam yang diselenggarakan di kawasan tanpa rokok atau di Parkiran Timur Stadion Krakatau Steel, Sabtu (18/1/2020).

“Kami NGO Rumah Hijau sangat menyayangkan dengan adanya kegiatan promosi kampanye rokok Gudang Garam dengan sponsor Suryanation di kawasan tanpa rokok lapangan parkir Stadion KS. Dan kami sangat menyesalkan dengan adanya izin yang dikeluarkan oleh pengelola kawasan tersebut sehingga mengasumsikan bahwa kegiatan tersebut didukung oleh BUMN,” tegasnya, Sabtu (18/1/2020).

Lebih lanjut, Supriyadi menyatakan kegiatan tersebut telah melanggar aturan yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Bahkan meski pihaknya mengaku sebelumnya sudah mempertanyakan dan mengingatkan ke pihak panitia, namun kegiatan tersebut masih tetap berjalan hingga Malam Minggu ini.
“Berdasarkan aturan Perwal Nomor 38 Tahun 2013 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) , ini sudah jelas melanggar dan tentu pelanggaran tersebut masuk dalam kategori pelecehan terhadap regulasi aturan pemerintah,” ungkapnya.

“Kami menginginkan dari pihak pemerintah dan stakeholder untuk mengusut tuntas kaitan dengan kampanye terbuka sponsor rokok di halaman Kawasan Tanpa Rokok yang berada di Stadion KS, kami menduga ada oknum pejabat KIEC selaku yang bermain,” tambahnya.

Selain itu, Supriyadi berharap agar regulasi Keppres dan Perwal serta Undang-undang tembakau ditegakkan agar di kemudian hari tidak terjadi pelanggaran mal administrasi. Dan pihak Kawasan Industrial Estate Cilegon (KIEC) selaku pengelola lahan bertanggungjawab

“Kami akan menuntut Event Organizer (EO) dan pihak-pihak yang mengijinkan dengan adanya kampanye sponsor rokok di halaman parkir Stadion Krakatau Steel ini, agar ke depan aturan tidak seenaknya ditabrak,” tandasnya.

Saat coba ditemui di lokasi Koordinator EO kegiatan tersebut, Alvin enggan berkomentar saat dikonfirmasi wartawan.

Sementara itu, Humas PT. KIEC, Balkis saat dikonfirmasi melalui pesan Whattsappnya, justru mengaku tidak mengetahui adanya kegiatan tersebut.

“Wah kalau untuk acara itu saya kurang tau mas, karena KIEC sendiri sedang ada acara karyawan di luar kota. Setahu saya, kalau KIEC sendiri belum sepenuhnya memegang kendali atas Stadion KS,” jelasnya.

“Mungkin saya akan tanya dulu ke pihak yang bertanggung jawab atas pengelolaan aset KS,” tandasnya.