Menjelang Pergantian Tahun Polres Serang Kota Buat Rekayasa Lalu Lintas

1036

Medianews.co.id- SERANG, Perayaan malam pergantian tahun baru, Polres Serang Kota buat rekayasa arus lalu lintas di wilayah hukum Kota Serang. Rekayasa arus lalu lintas tersebut dibagi menjadi tiga ring dan menambahkan personel pada tujuh belas titik simpang. Hal ini bertujuan untuk mengatasi lonjakan volume kendaraan yang berlebih dan mengantisipasi terjadinya kemacetan di Kota Serang.
Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin mengatakan tiga ring tersebut berada di pusat kegiatan, yaitu Alun-alun Timur Kota Serang, ring dua akses jalan yang berada di sekitar Alun-alun Barat Kota Serang. “Seperti Jalan Ki Mas Jong, Pocis, SDL dan Jalan Marjuana,” kata dia, usai apel di halaman Pemkab Serang, Kota Serang, Minggu (31/12).
Sedangkan ring tiga, kata Kapolres Serang Kota, adalah akses jalan yang menjadi pemecah arus, seperti Sumur Pecung, Pisang Mas dan Kepandean. Ring Tiga diposisikan apabila ruas lalu lintas di Alun-alun terhenti, maka akan dikunci di ring tiga. “Artinya kendaraan tidak boleh lagi masuk ke dalam. Hal ini dilakukan menjaga operasional kemananan dan ketertiban, supaya tidak terganggu akses Damkar, Ambulance dengan adanya malam tahun baru,” paparnya.
Dikatakannya, masyarakat untuk selalu mengikuti arahan petugas di lapangan demi kelancaran bersama agar tidak menghambat arus lalu lintas. Untuk pengamanan pergantian malam tahun baru, pihaknya membuat tim gabungan bersama Polres Serang Kota, Dinas Perhubungan Kota Serang, Satpol PP, TNI, Pramuka dan Ormas.

“Fokus pengamanannya untuk memantau pergerakan arus lalu lintas yang diprediksi lonjakan arus meningkat, menjelang pergantian tahun baru. Kami lakukan rekayasa lalu lintas, pengalihan arus penutupan beberapa ruas jalan di kota serang.”
Dandim 0602/ Serang Letkol Czi Harry Praptomo mengatakan pada malam pergantian tahun baru di Kota Serang, disebar anggota pada enam pos di wilayah Hukum Kota Serang. Sebanyak 150 anggota dikerahkan. Ia mengimbau pada masyarakat untuk ikut bersama-sama mengatasi dan mengantisipasi terjadinya potensi gangguan pada saat malam tahun baru. 

“Malam tahun baru ini kita semua bersuka cita, bergembiara dan bersenang ria. Jangan sampai dinodai oleh perbuatan yang kira-kira bisa mengakibatkan gangguan atau menyebabkan kerugian orang lain. Seperti parkir sembarangan yang menyebabkan lalu lintas terhambat,” ujarnya.

(Sunah)