Mensos Tinjau Penyaluran Bansos

8

Medianews.co.id,- Kabupaten Serang – Kementrian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi warga miskin di Kampung Gedong, Bojonegara Kabupaten Serang, Banten, Sabtu (30/5/2020).

Dana bantuan sebesar Rp. 600 ribu ini sudah diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang di salurkan melalui Pos Indonesia.

Mentri Sosial Juliari P Batubara meninjau langsung ke lokasi pelaksanaan memastikan penyaluran BST dilakukan sesuai protokol kesehatan seperti physical distancing dan lainnya . Adapun tidak tepat sasaran kemungkinan dari pendataan.

“Sejauh ini saya meninjau langsung penyaluran BST tahap pertama alhamdulillah lancar, dan sudah hampir selesai 92 persen, saya minta petugas PT Pos untuk segera siapkan tahap kedua di Kabupaten/Kota yang hampir selesai sehingga penyaluran akan lebih cepat. Kalaupun ada yang tidak tepat sasaran, diperbaiki aja datanya oleh petugas masing-masing, di Provinsi , Pemkot dan Pemkab , karena masih ada dua tahap lagi penyaluran BST di bulan Juli dan Desember, cuman ada perbedaan dari jumlah nilainya dikurangi” jelasnya.

Juliari juga mengatakan untuk jumlah KPM di
Kabupaten Serang 110.105 KK dan Provinsi Banten 400.000 KK. Ini penyalurannya sudah hampir 100% selesai, bisa melanjutkan penyaluran untuk tahap ke dua.

“Pada tahap keempat bulan Juli hingga Desember nilainya dikurangi dari Rp. 600 ribu menjadi Rp. 300 ribu karena pada periode tersebut, ada beberapa program lain terkait pemulihan ekonomi. Ini lebih fokus di pemulihan kesehatan dan bantuan sosial. Sementara Presiden selalu menyampaikan ada tiga program utama, yakni pemulihan kesehatan, bantuan sosial dan pemulihan ekonomi. Di bulan Juli hingga Desember selain bantuan sosial maupun pemulihan kesehatan akan tetap dilaksanakan. Akan tetapi pemulihan ekonomi akan banyak jadi supaya tidak terlalu tumpang tindih,” ungkapnya.
(An/red)