MIA Fondation Luncurkan Program Pinjaman Bergulir Untuk Pelaku Usaha Kecil di Citangkil-Ciwandan

675

Medianews.co.id – Cilegon, Untuk memberdayakan para pelaku usaha kecil di wilayah Kecamatan Citangkil dan Ciwandan, seorang pengusaha Muhammad Ibrohim Aswadi (MIA) Fondation membuat program Pinjaman Dana secara bergulir tanpa bunga untuk para pelaku usaha kecil tersebut.

Hal ini dikatakan oleh M. Ibrohim Aswadi, sebagai langkah mendorong berkembangnya para pelaku usaha kecil. Ia terpanggil setelah melakukan survay langsung terhadap para pelaku usaha kecil yang masih banyak meminjam modal kepada rentenir.

“Program Pinjaman Dana tanpa bunga ini bergulir, bergantian yang dikhususkan bagi para pelaku usaha kecil seperti kepontren, pedagang sayur gendong, warung kecil, jualan jamu gendong, nasi uduk, ibu-ibu jualan di sekolah-sekolah dan lainnya. Untuk tahap perdana, program pinjaman dana bergulir ini untuk wilayah Ciwandan – Citangkil,” katanya, kepada Medianews.co.id Rabu (28/2/2018).

Lebih lanjut, pria yang kini akrab dipanggil MIA ini menjelaskan, sebagai pilot projek, program ini akan diprioritaskan terlebih dahulu terhadap 50 pelaku usaha kecil yang ada di Perkampungan pada dua kecamatan tersebut. MIA akan menurunkan tim langsung ke lapangan untuk melakukan verifikasi berupa monitoring, dokumentasi dan wawancara layak tidaknya diberi pinjaman tanpa bunga sebesar maksimal Rp. 1 juta.

“50 pelaku usaha kecil ini harus riil benar-benar pelaku usaha kecil di kampung kampung yang memang harus dibantu, dibina dan diberdayakan supaya bisa berkembang usaha dan tingkat ekonominya serta tidak terlibat dalam pusaran rentenir,” terangnya.

Selain itu, MIA berharap program ini bisa terus berkesinambungan dan bisa dijadikan program oleh pihak Pemkot Cilegon dan kalangan industri dalam program CSRnya.

“Saya harap program ini menjadi contoh dan kedepan bisa di lakukan juga oleh pemerintah dan juga industri.” Tutupnya. (Lidya)