Pasokan Melimpah, Harga Beras Di Lebak Turun

922

Medianews.co.id – Lebak Banten, Harga beras berbagai jenis di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Lebak, sejak sepekan terakhir ini turun akibat pasokan melimpah. Berdasarkan pantauan harga beras di Pasar Rangkasbitung mengalami penurunan berkisar Rp200 sampai Rp400 an per kilogram (Kg)

“Turunnya harga beras itu akibat pasokan beras Iokal melimpah.” kata Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, Saepudin, dikantornya, Jumat (02/03/2018).

Saat ini, lanjutnya, harga beras jenis IR KW 1 di pasar tradisional Rangkasbitung, Bayah dan Maja, turun dari Rp11.186/Kg menjadi Rp10.771/Kg, beras IR KW 2 dari Rp10.386/ kg menjadi Rp9.957/kg.

Kemudian beras jenis IR KW 3 yang sebelumnya Rp9.400/Kg kini turun menjadi Rp8.957/kg.

“Kami memperkirakan harga beras terus menurun karena memasuki masa panen raya,” ungkapnya

Masih katanya, dengan turunnya harga beras di pasaran, maka masyarakat khususnya yang berpenghasilan rendah mampu membeli beras hingga10-20 Kg.

Sebelumnya, lanjutnya, saat harga beras tinggi mereka membeli beras dengan eceran sekitar 1,5 sampai 2 Kg.

Untuk itu, pihaknya berharap pasokan beras Iokal melimpah hingga tahun depan. “Kami harap persediaan beras Iokal melimpah dan tidak mendatangkan beras dari luar daerah maupun impor,” pungkasnya. (Ujang Iskandar)