Pemkot Serang dan Pemkot Tangsel sepakati kerja sama pengembangan sejumlah bidang

34

Serang,- Medianews.co.id – Akhirnya Pemkot Serang dan Pemkot Tangsel sepakat menjalin kerja sama pengembangan sejumlah bidang.

Nota kesepahaman (MoU) ditandangani oleh Walikota Serang Syafruddin dan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany
di salah satu hotel di Serang, Banten, Jumat (22/1/2021).

Walikota Serang mengatakan bahwa kerjasama Pemkot Serang dengan Pemkot Tangsel bukan hanya untuk sampah, akan tetapi di bidang lainnya.

“Iya mudah-mudahan dengan MoU ini berjalan lancar dan sama-sama menguntungkan. Karena ada 14 poin diantaranya bidang pendidikan, UMKM dan lainnya,” jelasnya.

Menurutnya, akan dilakukan soal persampahan, ini secepatnya MoU di tindaklanjuti dengan draf perjanjian kerjasama antara DLH Serang dengan DLH Tangsel.

” Setelah disepakati dilampirkan dengan draf perjanjian kerjasama antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangsel dengan DLH Kota Serang, karena masalah sampah nilainya ada di draf perjanjian kerjasama,” ucapnya.

Pemkot sendiri menyambut baik rencana ini termasuk bisa menambah PAD senilai Rp 48 miliar setahun. Mereka juga katanya siap membangun akses infrastruktur menuju pembuangan sampah.

“Tangsel memberikan kompensasi termasuk jalan, dan infrastruktur itu jumlahnya Rp 48 miliar sementara setahun,” katanya.

Adapun, dalam satu hari Kota Serang akan menerima 400 ton sampah per harinya dari Kota Tangsel. Berdasarkan kajian TPAS Cilowong masih memungkinkan menampung sampah.

“Masih memungkinkan untuk 3-5 tahun ke depan dengan tetap melakukan penanganan dan pengolahan sampah yang dilakukan Pemkot Serang, baik dari hulu maupun hilir. Bantuan dari Kota Tangsel sendiri diharapkan dapat memperpanjang umur TPAS Cilowong,” ungkapnya.