Pendekar Bartim Juara Umum Festival Kuntau Dayak Borneo 2019.

9

Medianews.co.id,- Kalteng – Tim Pesilat Kuntau Borneo Nanserunai Jaya Barito Timur Kalimantan tengah, mengikuti even festival seni beladiri Tradisional Kuntau Dayak Borneo 2019.

Tim bartim tersebut menurunkan 30 atlit pesilat putra putri dan pesilat Kuntau tunggal bocah usia 4 Tahun secara otomatis menjadi juara satu, pesilat Kuntau Nansarunai jaya meraih 15 piala dan satu piala juara Umum Seni Beladiri Tradisional Kuntau Dayak Borneo 2019.
Dilaksanakan 14-15/9/2019 di Aula Paud Kalteng.

Menurut Hendra Pelatih dan juga sebagai pembina perguruan Pecak salat Kuntau Borneo Nansarunai jaya Bartim mengatakan Para atlit didikannya tersebut diseleksi sebelum bertanding.

“Atlit kami sebelum berlaga di festival seni beladiri kuntau Dayak Borneo, menyeleksi dulu peserta didik agar penampilan benar benar teruji dalam menghadapi lawan di arena pertandingan. ” Kata Hendra.

Peserta Tim Pesilat Kuntau Borneo Nanserunai jaya Bartim Kalteng, di even seni beladiri Tradisional Kuntau Dayak Borneo tingkat provinsi Kalteng, akan menuju kejuaraan tingkat Nasional dan internasional.

“Bartim bisa juara umum berkat kegigihan peserta atlit, yang berjuang melawan pesilat tangguh dari Sampit dan Palangka raya,”tambahnya.

Ia melanjutkan, dirinya akan terus mengembangkan dan mempertahankan budaya pencak silat kuntau.

“kami akan pertahankan dan kedepannya kita perkembangan pencak silat kuntau, ke generasi muda supaya tidak punah,”tambahnya.

Ia Berharap kepada pihak Pemerintah kabupaten Bartim ikut serta dalam pelestarian seni Budaya pencak yang ada di Pemkab Bartim.

“Semoga pemerinta dapat memperhatikan seni budaya lokal yang ada di Bartim, dan kami berharap Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata 8
mendukung serta partisipasi dalam membantu mengembangkan budaya budaya seni beladiri kuntau Dayak Borneo ini.” Tutup Pelatih Kuntau Borneo Nansarunai jaya.

Hadiboy