Peringati 10 Muharram, SDN Cibeber III Berikan Santunan Kepada Anak Yatim, Piatu

37

CILEGON,- Medianews.co.id,- Pada momen 10 Muharram, tepatnya di hari Jumat tanggal 28 Juli 2023, SDN Cibeber III menggelar acara santunan untuk anak yatim. Kepala Sekolah SDN Cibeber III, Enas Nasroh, menjelaskan bahwa momen ini menjadi kesempatan yang tepat untuk menyelenggarakan program rutin yang diadakan setiap hari Jumat, yaitu pembiasaan bagi para siswa.

“Karena memang harinya hari jumat jadi bertepatan 10 Muharram, jadi momen yang pembiasaan ini kita rangkai dengan kegiatan santunan anak yatim,” kata Enas Nasroh kepsek SDN Cibeber III.

Program pembiasaan di SDN Cibeber III ini meliputi sholat Dhuha bersama dan kultum. Setelah melaksanakan shalat bersama, siswa-siswa dari kelas 1 hingga 6 berkumpul untuk mendengarkan kultum yang disampaikan. Tidak hanya itu, mereka juga menikmati makanan bersama sebagai bagian dari pembiasaan tersebut.

“Kegiatan ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam rutinitas sekolah dan selalu diadakan dengan penuh antusiasme,” tambahnya.

Kegiatan santunan anak yatim yang diadakan pada 10 Muharram ini merupakan bentuk pengabdian dari sekolah dan murid-muridnya terhadap para siswa yang sudah menjadi yatim, piatu.

“Ada sekitar 26 siswa yatim, piatu yang kami santuni, dan semuanya dari Intern sekolah yang ada disini,” ucapnya.

Dalam acara santunan tersebut, setiap siswa memberikan sumbangan berupa uang dan makanan untuk anak-anak yatim. Inisiatif untuk berbagi ini juga datang dari donasi yang dikumpulkan oleh anak-anak sekolah, yang telah diajarkan tentang pentingnya berbagi kepada sesama.

“Bentuknya kita memberikan berupa uang dan juga berupa ada snek ada makanan, alhamdulillah ini memang dari donasi juga, donasi dari anak-anak juga, yuuk kita saling berbagi, terus ada juga dari guru guru, wali murid juga ngasih, alhamdulillah kita bisa berbagi,” tandasnya.

Baca juga  Mabes Polri Sesalkan Kasus Penangkapan Dan Kriminalisasi Ketum PPWI Dan Puluhan Jurnalis Di Wilayah Hukum Polda Lampung

Sementara itu, Ketua Komite SDN Cibeber III, Masuri Rusdi, mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan yang penuh makna ini. Ia merasa terharu karena momen 10 Muharram yang dianggap mulia ini bisa disambut dengan acara rutin yang terencana dengan baik di sekolah. Masuri Rusdi menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah hasil kerjasama yang baik antara, dewan guru, kepala sekolah, dan wali murid.

“Semoga semangat kepedulian dan berbagi ini menjadi contoh bagi semua pihak untuk selalu berbuat baik dan memberikan manfaat bagi orang lain,” ucapnya.

Tidak hanya itu, SDN Cibeber III juga aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, seperti lomba-lomba dari Dinas Pendidikan. Selama menjadi komite di SDN Cibeber III selama 9 tahun terakhir, sekolah ini telah meraih berbagai juara dalam berbagai perlombaan.

“Keterlibatan aktif ini membuktikan bahwa sekolah ini tidak hanya fokus pada pendidikan formal, tetapi juga memberikan perhatian besar pada pengembangan bakat dan minat siswa,” tegasnya.

Kegiatan santunan anak yatim yang diadakan pada momen 10 Muharram merupakan momen istimewa yang akan selalu dikenang oleh seluruh warga SDN Cibeber III. Acara ini bukan sekadar memberikan bantuan kepada anak yatim, tetapi juga sebagai bentuk pembelajaran bagi siswa tentang arti pentingnya berbagi dan peduli terhadap sesama.

“Semoga semangat kebaikan ini terus terpatri dalam hati dan menjadi pondasi kuat bagi tumbuh kembangnya siswa-siswi di masa depan,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini