Peringati Maulid Nabi, Link Ciberko Pererat Tali Silaturahmi Antar Warga

49

Medianews.co.id,- CILEGON, – Tradisi Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi diberbagai di Kota Cilegon sangatlah meriah, terutama di Link Ciberko, Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon sangat meriah dan Khidmat dengan tema. “Dengan Peringatan Maulid Nabi kita tingkatkan Ukhwah untuk menuju kehidupan yang moderenisasi”

Kemeriahan ini terlihat dari banyaknya Jama’ah Dzikir yang hadir, terutama dari Link Bentola Kelurahan Bulakan, serta Kampung Gegeneng Desa Waringin Kurung, Kabupaten serang.

Tradisi Panjang Mulid ditandai dengan berbagi beraneka makanan dan barang kepada warga yang kurang mampu. Selama Panjang Mulud, masyarakat Link Ciberko mengemas pemberian hadiah tersebut dalam bentuk miniatur Kapal, Masjid, Rumah, dan Ka’bah, yang dihiasi berbagai hiasan mulai dari sembako, makanan, perlengkapan sholat, hingga uang tunai yang ditempelkan disetiap panjang Mulud.

Ratusan masyarakat Link Ciberko serta para Jama’ah yang telah melakukan dzikir, hiasan panjang mulud diarak keliling kampung menggunakan mobil yang dihias serta diiring kelingkungan para jamaah dzikir.

Menurut Ustad Nasrudin selaku Ketua DKM dan juga ketua panitia Maulid Nabi Muhammad SAW menjelaskan, di lingkungannya tersebut setiap tahunnya selalu merayakan hari kelahiran nabi muhammad Saw.
“kami setiap tahunnya selalu mengadakan acara muludan, agar kita selalu mengingat keteladanan nabi besar Muhammad SAW,”

Ditempat yang sama Tokoh masyarakat Link Ciberko Bahroni dan juga selaku lurah Kalitimbang mengatakan, acara kegiatan maulid tersebut juga bertujuan guna mempererat tali silatirahmi antar warga.
“Acara kegiatan maulid ini intinya untuk silaturahmi antara lingkungan Bentola dengan Cibreko, Kampung Gegeneng dengan masyarakat Cibeber, dan juga jadi merekat tali silaturahmi,”katanya.

Ia juga berharap acara Maulid Nabi Muhammad tersebut jangan sampai dilupakan karena sudah menjadi tradisi warga Link Ciberko.

“Alhamdulillah Tradisi ini tiap tahun berjalan dengan lancar serta sangat meriah, dan harapan saya tradisi peringatan hari maulid nabi ini, jangan sampai hilang, jangan sampai turun dari tahun ke tahun, jangan sampai turun kalo bisa dari tahun ke tahun naik lagi dan lebih meriah lagi itu harapan saya,”harapnya.

Hal senada dikatakan Erik Erlangga selaku Anggota DPRD Cilegon dan juga tokoh masyarakat setampat.”Ya kita kan mempersatukan masyarakat dalam memperingati maulid ini, ya bahwa masyarakat ini masih banyak yang cinta pada Nabi Muhammad SAW maka nya kita merayakan dengan Maulid dzikir bersama,” katanya.

“Sudah sangat lama, memang ini lah turun temurun budaya yang memang sangat positif agar kita mengingat dan juga kebesaran Nabi Muhammad SAW dan kita selalu mengadakan setiap tahun, bahkan setiap kampung juga ada yang mengundang kampung lain sambil bersilaturahmi, sambil mengenang dan merayakan hari kelahiran nabi muhammad SAW. Mudah – mudahan selalu dijaga kekompakan,” tandasnya.(priadz)