Pimpin HMI, Syahrido Alexander Siap Jaga Tradisi Intelektual

4

Medianews.co.id,- CILEGON, Perhelatan Konferensi Cabang (Konfercab) X HMI Cabang Cilegon yang dilakukan selama hampir 2 pekan, berhasil melahirkan Syahrido Alexander sebagai Formatur terpilih atau Ketua Umum HMI Cabang Cilegon Periode 2019-2020.

Diketahui Rido panggilan Syahrido Alexander terpilih secara aklamasi dalam forum Konfercab yang dilakukan di Aula KPU Kota Cilegon, mulai dari Sabtu (26/10) sampai Sabtu (9/11).

Rido mengatakan, keterpilihannya tersebut merupakan awal bagaimana HMI kedepan harus lebih mengedepankan pemikiran intelektual, sehingga kedepannya fokus perkaderan masih jadi yang utama. Rido menambahkan, keterpilihannya juga merupakan repersentasi HMI Cabang yang diharapkan mampu menyatukan gagasan perkaderan lewat gagasan baru dalam perkaderan, sehingga eksistensi dan aktualisasi dalam menghiasi pemikiran kebangsaan dan keummatan tetap muncul.

“Sebagaimana rekomendasi internal jika HMI Cabang Cilegon harus mampu merumuskan langkah perkaderan atau membuat modul perkaderan. Kami tentu masih akan fokus memproduksi cendikiawan-cendikiawan (intelektual-) muslim,” katanya usai terpilih, kemarin.

Rido yang merupakan kader Komisariat Fakultas Tehnik (FT) Universitas Sultan Agung Tirtayasa (Untirta) menjelaskan, kendati fokus perkaderan, pihaknya juga tetap akan menjadikan HMI kritis terhadap kebijakan strategis pemerintah. Baik soal pemerataan ekonomi, pembangunan, sosial, kegamaan dan hal lainnya.

“Selain menjadi etalase perkaderan, kami akan tetap menjidikan HMI sebagai corong kritik yang konstruktif bagi pemerintah. Sebab, perjuangan HMI tetap harus terintegrasi dengan perjuangan kaum musdatafin,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum (Sekum) Demisioner HMI Cabang Cilegon, Ahyani menyatakan, selamat kepada Rido yang sudah terpilih, ia berharap proses konfercab menjadi proses kompetisi yang mendewasakan. Jangan karena belum mendapatkan kesempatan maka membangun narasi dan gerakan yang tidak baik. HMI harus terus bekerja bersama.ummat dan bangsa.

“Selamat bagi Rido. Kami harap Rido mempu menjadi ketua umum bagi seluruh komisariat. Terus membangun trasidi HMI sebagai kader intelektual,” imbuhnya. (red)