PLN UID Banten Siagakan 1500 Personil Jelang Nataru

13

Medianews.co.id,- Serang,- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi Banten menggelar Apel Siaga Pasokan Listrik Jelang Natal dan Tahun Baru di Alun-alun Serang, Banten, Jumat (20/12/2019).

General Manager PLN UID Banten Doddy B. Pangaribuan mengatakan bahwa
mulai dari tanggal 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020, seluruh personel PLN, khususnya pelayanan dan operasional sudah melakukan pemeliharaan preventif sejak dua bulan lalu. Bahkan, sebagai antisipasi adanya lonjakan pemakaian listrik pada tahun baru, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan pihak lainnya.

“Pihaknya menyiagakan lebih dari 1.500 personel mulai dari pimpinan Banten sampai dengan ke Unit Layanan Pelanggan (ULP), kemudian mitra kerja yang segala macam kita siagakan peralatan untuk mendukung siaga dalam mengantisipasi apabila ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Untuk kategori objek vital nasional, Doddy menjelaskan, ada beberapa yang dipersiapkan. Mulai dari instalasi ketenagalistrikan, pembangkitan listrik, kemudian transmisi gardu induk dan distribusi listrik, termasuk Bandara Soekarno Hatta. “Maka secara rutin kami lakukan simulasi terkait kelistrikan dan lainnya. Seperti Bandara Soekarno Hatta itu dipasoknya dari empat titik termasuk cadangan,” ucapnya.

Lanjut Doddy, masa siaga dari tanggal 24 Desember 2019 hingga 26 Desember 2019 untuk Hari Raya Natal dan 31 Desember 2019 hingga 02 Januari 2020 untuk Tahun Baru dengan total personil sebanyak 1.260 orang. Dengan rincian, jumlah petugas pelayanan teknik sebanyak 770 orang, petugas deteksi 19 orang, petugas operasional GI sebanyak 184 Orang, petugas cadangan 55 grup, kendaraan mobil 77 unit dan motor 57 unit.

“Adapun yang lainnya, seperti pegawai PLN sebanyak 287 orang dan 16 titik posko dengan pelayanan siaga selama 24 jam. Serta cadangan peralatan bantu seperti UGB, UTB, Genset, UPS, UKB Deteksi sebanyak 54 unit dan tim reaksi sepat sebanyak 28 Unit,” ujarnya.

Adapun dari segi pasokan listrik wilayah Banten, ia mengatakan, dalam keadaan aman dengan prognosa Data Beban saat siaga pada Natal sebesar 2.482 mega watt (MW) dan pada tahun baru sebesar 1.793 MW. Atau mengalami penurunan sekitar 30 persen dari beban puncak PLN UID Banten sebesar, yakni sebesar 3.708 MW.

“Pihaknya juga mempersiapkan pasokan listrik untuk arus mudik, mulai dari Sumatera dan Jambi yang status kewilayahannya masuk di kawasan Anyer. Kemudian, Pandeglang, Tanjung Lesung, hingga perbatasan Sukabumi yang statusnya masuk dalam kewilayahan Banten,” tutupnya.

sebesar 2.482 mega watt (MW) dan pada tahun baru sebesar 1.793 MW. Atau mengalami penurunan sekitar 30 persen dari beban puncak PLN UID Banten sebesar, yakni sebesar 3.708 MW.

Pihaknya juga mempersiapkan pasokan listrik untuk arus mudik, mulai dari Sumatera dan Jambi yang status kewilayahannya masuk di kawasan Anyer. Kemudian, Pandeglang, Tanjung Lesung, hingga perbatasan Sukabumi yang statusnya masuk dalam kewilayahan Banten. (Anna).