Polres Kota Serang Gelar Simulasi SISPAMKOTA Demi Menjaga Pilkada Kota Serang

953

Medianews.co.id – SERANG, Satuan Polres Serang Kota menggelar simulasi Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota) dalam menjaga keamanan Pilkada di Kota Serang, Kamis (29/3/2018), di alun-alun barat Kota Serang.

Acara tersebut dihadiri oleh Danrem 064 MY, Kajati Banten, Gubernur Banten diwakili ASDA 1 Anwar Masud, Ketua DPRD, Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriatna , ketua Bawaslu Provinsi Banten, Kabinda ,Kepala BNN , Ketua MUI Provinsi Dan Group 1 Kopasus, Dandim Se-Provinsi Banten, Danyon 320, Danyon Cakra, Walikota Serang, Wakil walikota Serang, Bupati Lebak yang mewakili, Bupati Tangerang Kabupaten yang mewakili, Ketua KPU Kota dan Panwaslu Serang, Lebak dan Tangerang., seluruh PJU, Kapolres jajaran, TOGA, TOMAS, TODAT dan seluruh unsur masyarakat.

Kegiatan tersebut melibatkan 985 personil gabungan dari TNI, Polri dan dibantu Pol PP, dengan menyuguhkan aksi teatrikal beberapa kemungkinan terburuk yang bisa terjadi saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, khususnya di Pilkada Kota Serang.

Kapolres Serang Kota, AKBP Komarudin mengatakan bahwa simulasi atau latihan Sispamkota tersebut merupakan kegiatan yang dimasukkan kedalam tahapan aktifitas kegiatan pengamanan, untuk mengantisipasi potensi kejadian yang bisa terjadi saat pelaksanaan Pilkada 2018.

“Agenda ini dengan sebutan kompi Tripatra, gabungan Sabhara, Brimob dan TNI, yang sesuai SOP penanganan aksi massa, mengantisipasi eskalasi aksi massa mulai dari hijau, kuning dan merah,” ucapnya seusai gelaran simulasi.

Ia menjelaskan bahwa Kompi Tripatra akan bertugas melakukan tindakan-tindakan hukum pada saat terjadinya eskalasi aksi massa.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan guna mempertegas dan memperjelas tugas dan peran dari masing-masing instansi yang akan membantu pelaksanaan kegiatan pengamanan yang didalamnya tergabung jajaran TNI.

“Ini bentuk antisipatif kami sekaligus Ini dimaksudkan untuk mengecek kesiapan personil dalam mengantisipasi beberapa kemungkinan yang bisa terjadi,” ujarnya.

Kapolda Banten, Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo yang turut hadir dalam gelaran simulasi Sispamkota itu mengatakan Latihan Sispamkota hari ini berjalan dengan baik penuh semangat dan aman. 1000 personil dari Polri = 800 TNI 100 dan Satpol PP 60 (Tripatra) melaksanakan latihan simulasi PAM Pilkada Damai di Serang Kota. “Saya melihat latihan ini seperti kejadian yang sebenarnya semua anggota penuh semangat, latihan ini merupakan bagian dari upaya Polri dalam melaksanakan pilkada serentak di seluruh wilayah Provinsi Banten,”kata Kapolda Banten Brigjen Pol Drs. Lystiyo Sigit Prabowo, dalam sambutanya.

Pesta demokrasi ini adalah hak konstitusi masyarakat yang harus di amankan oleh Polri, untuk itu Polri bekerjasama dengan TNI dan Satpol PP, untuk memberikan jaminan keamanan atas jalannya proses demokrasi tersebut, baik dari proses awal, penentuan calon, kampanye, penetapan Walikota Bupati tersebut
hingga selesai.

Selain itu dalam pilkada sekarang ada perbedaan yaitu adanya pengawasan sampai dunia maya maks dari itu, Polda Banten telah membentuk satgas cyber dan satgas nusantara Terangnya .(Sunah)