Polres Lampung Timur adakan simulasi pengamanan pemilu.

242

Medianews.co.id,- Lampung timur – Ratusan personel Polres Lampung Timur bersiaga di halaman Kantor KPUD setempat, guna mengamankan jalannya aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh ratusan massa, Kamis (28/2/2019).

Melihat aksi massa yang mulai anarkis, aparat kepolisian pun membubarkan kerumunan massa dengan tembakan peringatan serta menyemprotkan gas air mata.
Kejadian tersebut merupakan bagian adegan dalam rangkaian simulasi Sispam Kota Ops Mantap Brata Krakatau 2019, dalam rangka menghadapi situasi yang bersifat kontingensi pada pelaksanaan Pemilu 2019 di halaman Kantor Bupati Lampung Timur.
Hadir dalam acara ini, Kapolres Lampung Timur AKBP Taufan Dirgantoro, Dandim 0429/LT Letkol Inf CH Prabowo, Sekda Syahrudin Putera, Ketua KPUD Andri Oktavia, Ketua Bawaslu Uslih, Kasi Intel Kajari Renaldo Sianturi dan para camat se-Kabupaten Lampung Timur.

Dalam sambutannya, AKBP Taufan Dirgantoro menjelaskan kegiatan simulasi i merupakan sistem pengamanan untuk mengantisipasi, menanggulangi dan mengendalikan gangguan kamtibmas dalam bentuk massa dengan metode preventif dan represif terbatas yang bertujuan mengamankan kota, objek vital dan penanggulangan terhadap rusuh massa.
“Simulasi ini dilaksanakan Polres Lampung Timur dan subjek pelopor Batalyon B dari Kodim 0429 Lampung Timur, sebagai upaya untuk mempersiapkan personel agar mengerti langkah-langkah antisipasi serta pengamanan dan dapat menginventarisasi setiap kemungkinan yang dapat mengganggu setiap tahapan Pemilu 2019,” jelasnya.

Taufan menambahkan dalam simulasi Sispam Kota diperagakan berbagai simulasi pengamanan seperti pendistribusian logistik, pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS sampai dengan pendistribusian logistik dari TPS Ke PPS yang akan mendapat gangguan serta pada tahapan sidang pleno di KPUD Kabupaten Lampung Timur.
“Dengan koordinasi dan simulasi ini, harapannya berbagai kekacauan yang terjadi bisa diatasi dengan baik oleh tim pengamanan,” terang Kapolres.

Kapolres pun menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan, dan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur yang telah memberikan kesiapan tempat pelaksanaan Sispam Kota tahun 2019.

Kapolres berharap, kerja sama dari semua pihak untuk menjaga situasi dan kondisi dalam rangka menciptakan Pemilu 2019 yang damai di Kabupaten Lampung Timur.
“Saya menekankan kepada seluruh personil Polres Lampung Timur agar tetap bersikap netral dan melaksanakan tugas pengamanan ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Mari kita tingkatkan sinergi dan menjaga situasi dan kondisi dalam menciptakan Pemilu 2019 di Kabupaten Lampung Timur yang aman, damai dan sejuk,” pungkasnya.(Aris)