Polres Serang, Ungkap Pelaku Penyebar Ujaran Kebencian

379

Medianews.co.id,- Serang – Kepolisian Reserse Serang Kabupaten melakukan ekspos terkait penghinaan terhadap seorang Ulama Kabupaten Serang di salah satu pengguna Akun Facebook yang berinisial RY, di Mapolres, Serang, Banten, Rabu (07/11/2018).

Kapolres Serang Kabupaten AKBP Indra Gunawan mengatakan tepatnyari jumat di Polsek Petir kedatangan seorang santri yang berinisial MD yang mencari seseorang bernama RY, setelah diselidiki ternyata RY membuat status di akun Facebooknya yang isinya terdapat kata-kata hinaan, dan ujaran terhadap Ulama Kabupaten Serang, dari keterangan santri Anggota Polsek Petir beserta Satreskrim Polres Serang pada malam hari melakukan pemeriksaan ke rumah tersangka dan mendapatkan alamat tempat kerjanya di Jakarta.

“Kita mengetahui tempat kerjanya dari pihak keluarga tersangka, kemudian pada hari Sabtu siang kita berhasil mengamankan tersangka RY di daerah Tambora, Jakarta Barat, sore harinya dibawa ke Mapolres Serang Kabupaten, dari hasil pemeriksaan awal sampai saat ini motif dari keterangan tersangka RY adalah selalu di ganggu oleh sosok makhluk halus yang bersosok para Ulama ataupun kyai,” terangnya.

Menurutnya, kepala RY selalu mengalami pusing, Akunya pada saat itu RY mencurahkan kata-kata untuk Ulama di akun Facebooknya, sehingga di Akun CINU PAPEDA-PAPEDA tersebarlah kalimat-kalimat atau perkataan yang dapat memicu permusuhan dan kebencian kepada seseorang, oleh karena itu santri membuat laporan terhadap tersangka RY.

“Untuk kedepanya dan hari ini pihak kepolisian akan tetap melakukan pemeriksaan kejiwaan karena keterangan tersangka tersebut belum bisa diterima oleh logika, akan tetapi RY membenarkan bahwa Akun Facebook
CINU PAPEDA-PAPEDA miliknya. Ia pun mengakui menulis status karena merasa kesal dan terganggu oleh makhluk halus, oleh karena itu atas perbuatannya kita kenakan pasal 45 A ayat 2, UU Nomor. 19 tahun 2016 mengenai ITE dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara,” tegasnya. (Anna)