PWI Lebak Gelar Deklarasi Masyarakat Lebak Anti Hoax

626

Medianews.co.id – Lebak Banten, Sejumlah pejabat dan masyarakat Kabupten Lebak menandatangi deklarasi anti Hoax. Penandangan tersebut dipelopori oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lebak saat menggelar Hari Pers Nasional (HPN) 2018 tingkat Kabupaten Lebak di Kawasan Sampay, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak. Rabu (28/02/2018).

Pejabat sementara (Pjs) Bupati Lebak, Ino S Rawita dalam sambutanya mengatakan Deklarasi Masyarakat Anti Hoax yang dipelopori PWI Lebak ini merupakan aksi nyata kepedulian atas banyaknya berita hoax yang belakangan dinilai meresahkan banyak pihak.

“Kami apresiasi acara ini karena dinilai bermanfaat dan bagus. Sekarang lagi hangat-hangatnya dan berita bohong (Hoax) itu memang sangat berbahaya,” kata Ino.

Masih katanya, banyaknya berita hoax dapat menimbulkan keresahan di masyarakat. “Sekarang ini kan banyak berita hoax. Untuk itu masyarakat pembaca harus lebih cermat dan pandai dalam memilah berita. Dan deklarasikan seperti ini bagus dilaksanakan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kehormatan PWI Banten, Agus Sandjadirja juga menyampaikan apresiasinya terhadap acara deklarasi ini. Dia menyebutkan wartawan dalam menyajikan berita harus sesuai fakta, data juga dalam melakukan tugasnya harus sesuai dengan kode etik jurnalistik. Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat harus lebih cerdas dalam memilih berita.

“Wartawan dalam menulis berita harus sesuai fakta dan data juga patuhi kode etik jurnalistik,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Lebak, H. Ahya menjelaskan, kegiatan Deklarasi Masyarakat Anti Hoax merupakan kominten PWI Lebak dalam upaya menyajikan hasil karya tulis (berita -red) yang benar guna tercipta kondusifitas.

“Ini komitmen kami bersama dalam menangkal berita-berita hoax,” ujar Ahya.

Deklarasi masyarakat anti hoax, lanjutnya, bertepatan dengan digelarnya HPN 2018 tingkat Kabupaten Lebak. “Selain mendeklarasikan masyarakat anti hoak, kami juga mengadakan bakti sosial (baksos), pengobatan massal, santunan anak yatim piatu dan pambagian sembako,” pungkasnya.

Untuk di ketahui, deklarasi masyarakat anti hoax tersebut ditandatangin oleh Pjs Bupati Lebak, OPD, Kodim 0603 Lebak, Polres Lebak, DPRD Lebak, Kejari Lebak, PWI Lebak, PWI Banten dan segenap elemen masyarakat Lebak. (Ujang Iskandar)