“Seba Baduy” Bukti Kesetiaan Warga Baduy Kepada Pemerintah

968

Medianews.co.id – Lebak Banten, Pemuka adat Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Saija mengatakan, bahwa peringatan adat Seba Baduy sudah dilakukan sejak turun-temurun, hal itu sebagai bukti kesetiaan warga Baduy terhadap kepala pemerintah.

Dijelaskan Saija, pelaksanaan adat Seba Baduy dilakukan setelah menjalankan tradisi Kawalu, yaitu sebuah tradisi dimana warga Baduy menjalankan puasa selama tiga bulan dan wilayah Baduy tertutup bagi pihak luar. Perayaan Seba Baduy selain ajang silaturahmi dengan para pejabat pemerintah juga memberikan hasil pertanian sekaligus menyampaikan berbagai pesan keluhuran atau kearifan lokal tradisi Baduy.

“Kepala kepala pemerintahan daerah, kami akan menyampaikan pesan kepada Bupati Lebak dan Gubernur Banten,” ucap Saija saat ditemui wartawan di Rangkasbitung, Jumat (20/04/2018).

Masih kata Saija, pelaksanaan Seba Baduy tahun 2018 dinamakan “Seba Gede” karena diikuti sebanyak 2.000 warga Baduy dan itu berbeda dengan “Seba Leutik” yang hanya diikuti oleh ratusan warga Baduy.

Setelah warga Baduy selesai memperingati tradisi Seba Baduy di Pendopo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, lanjut Saija, akan dilanjutkan ke pendopo Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk bertemu dengan Gubernur Banten.

“Kami pun berkewajiban untuk merayakan Seba Baduy bersama Gubernur Banten nanti pada hari Sabtu (21/04/2018),” ungkap Saija.

Sementara itu, Warga Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mulai berdatangan ke Kota Rangkasbitung untuk merayakan tradisi Seba Baduy yang dipusatkan di Pendopo Pemkab Lebak, Jumat petang (20/04/2018)

“Untuk melakukan Seba, kami berjalan kaki sejauh 45 kilometer. Berangkat dari pukul 05.00 WIB dan datang ke Rangkasbitung pada pukul 14.00 WIB,” kata salah satu warga Baduy Dalam yang tinggal di Kampung Cibeo, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Idong (30).

Masih kata Idong, meski berjalan kaki hingga puluhan kilometer, melewati hutan dan perbukitan. Namun, warga Baduy Dalam tetap semangat karena bisa merayakan Seba Baduy bersama Bupati Lebak dan pejabat Pemkab Lebak.

“Harapan kami Seba Baduy tahun ini bisa mensejahterakan warga Baduy menjadi lebih baik lagi,” ujarnya. (Ujang Iskandar)