Tenaga kesehatan di Kota Serang melakukan vaksinasi.

34

Medianews.co.id,- Serang – Rumah Sakit Sari Asih melakukan penyuntikan vaksin perdana untuk Nakes di Aula, Kota Serang, Banten, Sabtu (16/1/2021).

Kabid P2P Ratu Ani mengatakan, mulai hari ini seluruh tenaga kesehatan di Provinsi Banten, khususnya Kota Serang melakukan vaksinasi. “Memang ada beberapa nakes yang jadwalnya tangal 14 dan 15 Januari. Karena ada kendala, maka semuanya hari ini secara serentak divaksinasi,” katanya.

Pukul 16.00 hari ini, kata dia, seluruh fasilitas kesehatan (Faskes) sebanyak 33, akan dibuka. “Jadi semua calon penerima vaksin ini mulai dilakukan vaksinasi jam 16.00 sore ini. Jadi untuk datanya saya belum ada,” ujarnya.

Selain itu, data para Nakes juga berada di pusat, sehingga pemerintah daerah belum bisa mengakses apabila Pemerintah Pusat belum mengirimkan data. “Iya jadi nanti pusat langsung kirim melalui aplikasi ke faskes, seluruh jumlah dan hari apa saja nakes akan vaksinasi,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan, jadwal vaksinasi serentak di Kota Serang seharusnya pada Selasa 19 Januari 2021. “Namun karena ada beberapa bidang, maka kami pun mengikuti arahan dari pusat. Jadi hari ini serentak di 33 faskes,” tuturnya.

Pelaksanaan vaksinasi juga dibagi menjadi beberapa tahap, dan dalam satu sesi hanya diperbolehkan melakukan vaksinasi sebanyak 10 orang. “Jadi satu hari itu maksimal 20 orang atau melakukan vaksinasi,” katanya.

Hal itu juga, kata dia, untuk melihat reaksi atau efek dari vaksin ketika disuntikkan kepada penerima vaksin. “Kan setelah divaksin itu harus menunggu selama 30 menit dulu untuk mengetahui efeknya,” ucapnya.( ana/ red)