Warga Cikerut Gelar Pawai Obor Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah

76

Medianews.co.id,- CILEGON- Ratusan warga Lingkungan Cikerut RW 04 Kelurahan Karang Asem Kecamatan Cibeber Kota Cilegon mengikuti pawai obor keliling dalam rangka menyambut tahun baru islam 1 Muharram 1442 Hijriah, Rabu malam (19/8/2020).

Tradisi yang satu ini memang banyak dilakukan oleh umat Islam di Indonesia sebagai rasa syukur dan antusias umat menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram, masyarakat banyak menyambut nya dengan melakukan pawai membawa obor mengelilingi kampung dan sambil bershalawat ataupun berdoa.

Haryadi Madinah ketua pelaksana kegiatan mengatakan, kegiatan pawai obor yang digelar rutin tiap tahunnya itu disambut antusias oleh masyarakat. Kata dia, kegiatan tersebut menjadi penyampai pesan kepada masyarakat bahwa Muharram diperingati sebagai peristiwa penting saat Nabi Muhammad SAW hijrah dari Makkah ke Madinah. 

“Seluruh jajaran masyarakat cikerut, mulai dari tua muda, anak-anak, dewasa, pemuda dan pemudi antusias melaksanakan menyambut tahun baru islam dengan pawai obor keliling yang sudah menjadi rutinitas peringatan hari besar islam 1 muharram yang selalu kita laksanakan setiap tahun,” kata Haryadi saat ditemui di lokasi.

Ia berharap, dengan kesemarakan, kesemangatan dan antusias seluruh element masyarakat cikerut khususnya rw 04, semoga momentum tahun baru islam menjadikan kepengurusan yang  baik di dalam kepemudaan ataupun di kemasyarakatan menjadi kompak dan bersatu di dalam persatuan menyambut tahun baru islam.

“Semoga warga juga tetap kompak, lebih meningkatkan tali silaturahmi, dan tentunya momentum tahun baru islam ini semoga dijadikan sebagai pesan juga bahwa Islam mempunyai tahun baru tersendiri yakni tahun baru hijriah,” ungkapnya.

Sementara itu Rohmat Budi selaku tokoh masyarakat setempat menambahkan, semoga acara yang sudah menjadi tradisi dalam menyambut tahun baru islam ini ke depan akan lebih meriah lagi, terutama bagi anak-anak sebagai generasi penerus yang pastinya perlu dilandasi dengan nilai-nilai islam sejak usia dini.

“Hijrah mengandung semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa optimisme yang tinggi, yaitu semangat berhijrah dari hal-hal yang buruk kepada yang baik, dan dari hal-hal yang baik ke yang lebih baik lagi,” terang Rohmat.(priadz)