Warga Link Sumampir, Jaga Kekompakan Lewat PHBI.

158

Medianews.co.id,- Cilegon,- Ratusan Warga lingkungan Sumampir Timur, Rw 04 Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Purwakarta dalam dalam memeriahkan datangnya tahun baru islam 1 Muharram 1440 Hijriyah, Mengadakan rangkaian acara seperti Pawai Obor, serta memberikan santunan bagi anak yatim piatu, janda dan dhuafa.

Kemeriahan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), 1 Muharram 1440 hijriah dapat dirasakan di masyarakat lingkungan Sumampir tersebut, dari mulai anak anak sampai orang tua berbaris dengan rapih serta berjalan sambil memegang obor, dengan melewati beberapa kampung.

Menurut ketua Pelaksana Kegiatan. Muhammad Saihul mengatakan Peringatan hari besar Islam 1 Muharram adalah salah satu rutinitas kegiatan tahunan yang di adakan masyarakat lingkungan Sumampir Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Purwakarta.

“Kami mengadakan PHBI ini untuk menjaga kekompakan juga. Alhamdulillah, kami melakukan rutinitas setiap tahunnya dan berjalan lancar,” Katanya.

Ia menambahkan ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Perayaan Hari Besar Islam (PHBI), 1 Muharram 1440 Hijriyah.

“Nanti di tanggal 20 September kita adakan puncak PHBI dengan santunan, pengajian, total sekitar 200 orang yang akan disantuni termasuk anak yatim dan dhuafa, semoga kedepan lebih baik dan kompak,” Tambah Saihul.

Masih ditempat yang sama Ujang Suhardi, selaku Ketua RW/04 lingkungan Sumampir Sangat mengapresiasi Kepada Seluruh warga dan pelaksana kegiatan PHBI, 1 Muharram 1440 Hijriyah.

“Saya sangat mengapresiasi, ini oleh anak muda dan didukung semua Warga yang tergabung di RW 04, 1 Muharram 1440 Hijriah ini kan, sebagai hari besar islam dan kita sebagai umat Islam harus memperingatinya, ibaratnya hari besar kita sendiri,” Ungkapnya.

Hal senada dikatakan Maksum Marzuki Menjelaskan. Dalam rangka menghidupkan kepada anak anak untuk supaya mengerti tentang tahun baru Islam dan untuk menimbulkan semangat tentang ke islaman, akan tetapi juga harus mengajarkan ke anak bukan hanya mencintai hari besar islam akan tetapi bisa menanamkan kecintaan kepada cinta air.

“Momen 1 Muharram sekarang ini adalah bagaimana membangkitkan kembali, generasi muda ini supaya lebih cinta kepada tanah airnya. Tertanam cinta kepada islam itu bentuknya cinta kepada tanah air, Hubul wathon minal iman, ini kan sebagai bentuk rasa nasionalisme,” tandasnya.

Selain itu Bhabinkamtibmas Kelurahan Kebondalem Sapto Handoyo mengatakan, pihaknya terus mengawal demi terciptanya Kondusifitas.

“Sudah kewajiban kami untuk mengantisipasi hal-hal yang diluar dugaan demi terciptanya kemanan dan ketertiban,” ujarnya saat mengikuti pawai obor.