Kelurahan Bendungan Jalankan Program Pelayanan Puskesos dari Kemensos RI

40

Cilegon,- Medianews.co.id,- Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) merupakan program yang dibentuk oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia yang bertujuan untuk penyelarasan data masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan pemerintah atau menyandang masalah kesejahteraan sosial.

Seperti pelayanan yang berada di Kelurahan Bendungan Kecamatan Cilegon “Puskesos Berserri” adalah salah satu wilayah yang menjadi percontohan dalam penanganan masyarakat yang membutuhkan bantuan sosial atau masyarakat yang mengalami masalah kesejahteraan sosial.

Puskesos merupakan program layanan rujukan satu pintu (terintegrasi) yang merupakan miniatur Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) yang berada di tingkat kab/kota. Layanan terintegrasi ini diselenggarakan dengan tujuan memudahkan masyarakat menerima layanan.

“Dengan adanya Puskesos ini, yang ada persoalan persoalan di masyarakat akan menjadi lebih cepat ditangani, terkait keluhan-keluhan masyarakat yang membutuhkan bantuan sosial atau masyarakat yang mengalami masalah kesejahteraan sosial dan kami pun akan langsung berkoordinasi dengan dinas terkait seperti dinsos dan juga dinkes,”kata euis Kasi Kasos Kelurahan Bendungan, Cilegon. Kamis, 5/8/2021.

Diketahui, Puskesos yang ada di kelurahan Bendungan tersebut merupakan pelayanan cepat untuk penanganan masyarakat miskin seperti dari pendataan, pengaduan dan rujukan terkait Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT, Kartu Indoneisa Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan bantuan lainnya.

Baca juga  PWI Kota Cilegon Akan Gelar Konferensi Ke-VI 

Ditempat yang sama Lurah Bendungan Maman Herman, Adanya pelayanan Puskesos tersebut untuk mempermudah memvalidasi data bantuan sosial dari Pemerintahan Pusat, Provinsi dan Daerah.

“Alhamdulillah, Puskesos ini kita lakukan dalam rangka menjawab salah satu jawaban kita, untuk memvalidasi data yang ada, karena data dalam bantuan yang dari Pusat, Provinsi, maupun yang dari daerah Kota Cilegon ini bervariatif juga, ada yang masuk dan ada yang belum, maka tentu menjadi problematika di lapangan,” ucapnya.

Ia menambahkan, Layanan terkait perlindungan sosial bisa cepat ditanggapi dan diberikan solusi yang tepat. keberadaan Puskesos sangat penting bagi warga miskin.

“Pelayanan ini untuk data usulan yang belum masuk, data yang berubah akibat kelahiran, kematian, urbanisasi, terus juga perubahan ekonomi dan bahkan bagi orang miskin baru itu kita usulkan,” pungkasnya. (Galuh/red)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here