Warga Ciriu Gelar Pemilihan RW 03 Secara Demokrasi

19

Cilegon,- Medianews.co.id,- Link. Ciriu RW 03 Kelurahan Samangraya Kecamatan Citangkil Kota Cilegon melakukan pemilihan Ketua RW secara langsung dan demokrasi.Pasalnya proses pemilihan pemimpin ditingkat RW 03 tersebut melewati berbagai tahap layaknya Pemilu serentak di Pilkada.

Diketahui, Jauh-jauh hari sebelum hari pemilihan, perwakilan warga terlebih dahulu membentuk kepanitiaan untuk menjaring calon yang maju sebagai kandidat Ketua RW serta mendata calon pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terdata sesuai e-KTP di 3 wilayah Rt. Setelah para calon Ketua RW tersebut ditetapkan, panitia pemilihan lalu menyebarkan formulir atau surat undangan kepada para calon pemilih.

Di hari pemungutan, panitia mengarahkan satu persatu warga yang mendapatkan surat undangan mulai dari pendaftaran, pengambilan surat suara, pencoblosan di bilik TPS Panitia hanya menyediakan satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) dihalaman depan kantor Kelurahan Samangraya. Sabtu Sabtu (19/6/21)

Lazimnya sebuah pemilihan untuk mencari calon pemimpin, beragam perlengkapan yang dibutuhkan seperti bilik suara, kertas suara, surat suara dan Saksi masing masing calon juga sudah dipersiapkan di TPS. Pencoblosan surat suara pun ditutup tepat pukul 13.00 WIB, lalu dilanjutkan dengan penghitungan suara dengan disaksikan seluruh calon dan warga.

Pada pemilihan ketua RW 03 Link. Ciriu itu terdapat 3 calon RW yang bertarung, yaitu nomor urut (1) Mastur, memeproleh suara sah 142 suara. Nomor urut (2) Fatulloh, memperoleh suara sah 144 suara. Yang memperoleh suara sah terbanyak 235 suara, yaitu Abdullah nomor urut (3).

Akhirnya Abdullah yang mendapat 235 suara sah terbanyak sebagai Ketua RW 03 Link. Ciriu masa bakti 2021-2024 menggantikan ketua RW yang dipegang Halabi sebelumnya.

Baca juga  Peduli Ponpes, Persit KCK Kodim 0601/Pandeglang Berikan Bantuan

Panitia pemilihan RW, Subaedi Abdul Mutholib mengatakan, alasan menggelar pemilihan Ketua RW secara langsung dengan mencontoh cara Pemilu ini dimaksudkan agar pemimpin yang terpilih bisa mengayomi dan melayani masyarakat tingkat bawah.

“Kami selenggarakan pemilihan langsung dengan harapan pemimpin yang baru bisa meningkatkan kinerja dan memakmurkan masyarakat,” katanya di sela-sela pemilihan.

Meskipun berlangsung sederhana dan apa adanya, tetapi antusias warga mendatangi TPS patut diacungi jempol. Dari 936 jiwa yang berhak mencoblos, total ada 526 jiwa yang memberikan hak suaranya untuk memilih salah satu dari tiga calon kandidat. Bukan saja kalangan orang tua yang tampak bersemangat, para kaum milenial pun terlihat antusias dalam pemilihan ini.

“Mudah-mudahan, alam demokrasi seperti ini bisa melahirkan Ketua RW yang bisa memakmurkan Lingkungannya dan bersinregi kerjasama dengan pemerintahan keatasnya yaitu Pemerintahan kelurahan.” ujarnya.

Plt. Lurah Samangraya Furqon mengapresiasi upaya warga menyelenggarakan pemilihan Ketua RW secara langsung.

“Alhamdulillah, proses demokrasi bisa diselenggarakan di tatanan pemerintahan bawah. Mudah-mudahan bisa dicontoh untuk RW lainnya agar terpilih pemimpin yang dikehendaki masyarakat,”
beber Fuqon.

Lebih jauh, pemimpin yang terpilih diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintahan di atasnya baik di tingkat Kelurahan, kecamatan hingga Kota.

“kegiatan-kegiatan yang jadi visi misi Ketua RW terpilih bisa bersanding dengan program pemerintah Kota dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat” tambah Furqon. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here