Gabungan Lembaga dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Gerem Dukung Investasi PT Lotte Chemical Indonesia

26

Cilegon,- Medianews.co.id,- Gabungan Lembaga dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Gerem mendukung penuh investasi PT. Lotte Chemical Indonesia dan mengapresiasi donasi PT. Lotte Chemical Indonesia dan PT Kine Project Jo terhadap masyarakat Kelurahan Gerem, Kecamatan Gerogol Kota Cilegon Banten.

Tokoh masyarakat Kelurahan Gerem, Haji Rebudin dalam diskusi yang dihadiri perwakilan manajemen PT. Kine Project Jo secara bulat kami mendukung penuh investasi PT. Lotte Chemical Indonesia dan mengapresiasi atas donasi yang disalurkan yaitu dua unit mesin pompa air, Toilet dan Bioseptic tank sekitar 100 titik dan selang HDPE kurang lebih 500 meter merupakan solusi untuk mengurangi masalah yang dihadapi masyarakat hari ini.

“Kita tau bagaimana Kelurahan Gerem ini khususnya di wilayah Linkungan Batu Lawang kesulitan akan adanya air bersih, sedangkan air mempunyai peranan yang sangat penting dan harus tetap tersedia kebutuhannya, sehingga dapat mendukung kehidupan manusia dan pelaksanaan pembangunan di masa sekarang maupun di masa yang akan datang,” ujar Haji Rebudin dalam diskusi di rumah perjuangan dan Aspirasi Kelurahan Gerem, Jumat (16/09/2022).

Tokoh masyarakat yang juga pernah menjabat Ketua Komisi 1 DPRD Cilegon periode 2009-2014 ini juga menjelaskan data Dinas Kesehatan Kota Cilegon yang saya baca sekitar Juli 2022 lalu menerangkan bahwa di Kota Cilegon angka tertinggi Stunting diantaranya di Kelurahan Gerem sekitar 114 balita dan masih banyak warga Gerem yang belum memiliki sarana jamban sehat karena salah satu kendalanya terkait minimnya ketersediaan air bersih bagi masyarakat.

“Salah satu faktor terjadinya stunting adalah salah satunya sanitasi yang buruk dan kurangnya ketersediaan air bersih, dengan adanya donasi PT. Lotte Chemical Indonesia dan PT. Kine Project Jo kami yakin akan berdampak baik untuk kesehatan masyarakat dan dapat mengikis angka stunting yang cukup tinggi ini,” katanya.

Sementara itu fungsionaris Gabungan Tokoh dan Masyarakat Kelurahan Gerem lainnya, Sarba’i mengapresiasi PT. Lotte Chemical Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian melalui Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri akan memberikan beasiswa D3 sekitar 125 peserta Mahsiswa

Baca juga  DPC PJS Batanghari Fasilitasi Sosialisasi Go Digital untuk Desa se-Kecamatan Muara Bulian

“Dari 125 peserta itu untuk Program Studi Teknologi Mesin Industri Petrokimia sekitar 29 peserta penerima beasiswa, Program Studi Teknologi Proses Industri Petrokimia sekitar 74 penerima beasiswa dan program Studi Teknologi Instrumentasi Industri Petrokimia sekitar 22 peserta beasiswa,” ujarnya.

Sarba’i juga berharap dengan adanya program tersebut dengan jumlah penerima beasiswa yang cukup banyak, mudah mudahan ada sekian persen untuk pemuda Gerem, sehingga kata Dia ketika nanti PT. Lotte Chemical Indonesia membutuhkan karyawan ditahap produksi, masyarakat Gerem bisa berpeluang dan terpenuhinya persyaratan yang ditentukan oleh pihak perusahaan.

“Kami mendukung program peningkatan Sumber Daya Manusia oleh PT Lotte Chemical Indonesia untuk ditingkatkan dan memprioritaskan warga lingkungan sekitar PT Lotte Chemical Indonesia bisa mendapatkan program Beasiswa D3,” kata Sarba’i yang juga ketua RW 09 di Kelurahan Gerem.

“Mudah-mudahan program beasiswa D3 sebagai program peningkatan yang sebelumnya program beasiswa D1 diganti dengan program beasiswa D3. Hal tersebut sangat dibutuhkan para anak muda di Kelurahan Gerem untuk bisa bersaing dikemudian waktu di era globalisasi ini,” tukasnya.

Ditempat yang sama Fungsionaris Gabungan Lembaga dan Tokoh Masyarakat lainnya, Dedi Kusnadi mengatakan sebagai pemerhati lingkungan dan sebagai salah satu anggota penilai AMDAL pada awal pembangunan PT. Lotte Chemical Indonesia Pihaknya mengingatkan untuk dapat meningkatkan terkait beberapa hal diantaranya pendalaman dan pelebaran kali dilingkungan Tegal Wangi sebagai kepedulian PT. Lotte Chemical Indonesia dalam mengantisipasi banjir serta akses jalan menuju pangkalan nelayan lelean.

“Selain Pendalaman dan pelebaran kali sekitar serta akses nelayan, Kami juga mengajak dan berharap PT. Lotte Chemical Indonesia turut serta dalam pelestarian terumbu karang seiring pembangunan Jetty PT. Lotte Chemical Indonesia berpotensi terhadap terganggunya keberadaan dan kelestarian terumbu karang,” ujarnya. [red/red]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini