HARI JADI KE-23 KOTA CILEGON RAIH 12 PENGHARGAAN

28

CILEGON,- Medianews.co.id,- Hari Jadi Kota Cilegon Ke-23 nampaknya menjadi tahun berharga bagi catatan prestasi Kota Cilegon. 1 tahun 2 bulan memimpin Kota Cilegon, Wali Kota Cilegon H. Helldy Agustian, S.E, S.H, M.H dan Wakil Wali Kota Cilegon H. Sanuji Pentamarta, S.IP, M.IP berhasil meraih sederetan prestasi, baik regional maupun nasional. Prestasi yang ditorehkan Kota Cilegon pun ada di berbagai bidang, mulai dari bidang Pemerintahan, keuangan hingga bidang sosial. Menyorot prestasi tersebut, berikut merupakan kumpulan prestasi Kota Cilegon yang berhasil diraih :

1. Anugerah Meritokrasi 2021 KASN Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) memberikan penghargaan kepada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon atas keberhasilan Pemerintah Kota Cilegon dalam menerapkan Sistem Merit Dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara.

Hasil penilaian mandiri dengan angka sebesar 272,5 (baik) yang kemudian diverifikasi oleh KASN dan berdasarkan Keputusan KASN Nomor 51/KEP.KASN/C/XI/2021 tanggal 30 November 2021 nilai akhir penerapan sistem merit di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon pada angka 273,5 (kategori baik).

Pemberian penghargaan itu disematkan pada gelaran Anugerah Meritokrasi 2021 KASN yang dihadiri Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto di Jakarta 30 November 2021.

2. Penghargaan APIP Level 3 BPKP Pemerintahan Kota (Pemkot) Cilegon kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini giliran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) pada Inspektorat Kota Cilegon berhasil meraih level 3 pada penilaian kapabilitas APIP dari Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP). Level kapabilitas APIP sendiri dikelompokkan menjadi 5 tingkatan yaitu level 1 (Initial), level 2 (Infrastructure), level 3 (Integrated), level 4 (Managed), dan ;level 5 (Optimizing). Kapabilitas APIP level 3 tersebut berarti kemampuan APIP di lingkungan Inspektorat Kota Cilegon telah sanggup melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas, ekonomis terhadap suatu kegiatan, serta mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal.

Penyerahan penghargaan dilakukan Gedung BPKP RI, Jakarta, Kamis sore 6 Januari 2022. Hadir dalam kesempatan itu Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Banten Raden Bimo Gunung Abdulkadir, Walikota Cilegon Helldy Agustian, Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin, serta Kepala Inspektorat Kota Cilego Mahmudin beserta jajarannya.

3. Gerakan Menuju 100 Smart City 2021 Pemerintah Kota Cilegon mendapatkan Piagam Penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI atas implementasi program smart city kategori Smart Environment Gerakan Menuju Smart City 2021. Penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Kominfo, Johnny G Plate. Penghargaan ini masuk dalam dimensi smart environment yang diusung dengan program GEMPIL (Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan) yang merupakan pengembangan dari program kampung iklim yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon.

Pemerintah Kota Cilegon tengah mengoptimalkan BBJP (Bahan Bakar Jemputan Padat) yang digunakan untuk bahan bakar Industri yang merupakan bentuk kerjasama Pemkot Cilegon dengan PT. Indonesia Power, kedepannya bahan bakar ini akan dimanfaatkan untuk industri-industri melalui metode-metode biodrying yang dapat menghasilkan kalori hasil biodegradasi sampah.

4. Opini WTP LKPD Tahun 2020 Pemerintahan Kota (Pemkot) Cilegon kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini giliran Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Cilegon berhasil meraih 5 kali berturut turut menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2020 dengan capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Pemerintah Kota Cilegon memperoleh predikat WTP dari Badan Pengelola Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Banten dan termasuk progress tindak lanjut terbaik WTP rata-rata standar Nasional hanya 75% dan Cilegon tepatnya 85%.

5. Eradikasi Frambusia Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) atas pencapaian target Eradikasi Frambusia. Eradikasi Frambusia sendiri adalah upaya pembasmian yang dilakukan secara berkelanjutan untuk menghilangkan Frambusia secara permanen sehingga tidak menjadi masalah kesehatan masyarakat secara nasional. Dalam Permenkes Nomor 82 Tahun 2014 tentang Penanggulangan Penyakit Menular, Eliminasi merupakan upaya pengurangan terhadap penyakit secara berkesinambungan di wilayah tertentu sehingga angka kesakitan penyakit tersebut dapat ditekan serendah mungkin agar tidak menjadi masalah kesehatan di wilayah yang bersangkutan. Sedangkan Eradikasi merupakan upaya pembasmian yang dilakukan secara berkelanjutan melalui pemberantasan dan eliminasi untuk menghilangkan jenis penyakit tertentu secara permanen sehingga tidak menjadi masalah kesehatan masyarakat secara nasional.

6. Piagam Apresiasi Percepatan Vaksinasi Covid-19 Bagi Penyandang Disabilitas Staf Khusus Presiden RI memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Cilegon atas keberhasilan Pemerintah Kota Cilegon dalam mendukung pelaksanaan percepatan vaksinasi Covidd-19 bagi penyandang disabilitas. Penyandang disabilitas merupakan salah satu kelompok yang rentan terkena dampak Covid-19 baik secara langsung karena infeksi, maupun tidak langsung. Penyandang disabilitas perlu dipertimbangkan untuk diberikan prioritas vaksinasi karena:

Baca juga  Ini Pesan DPC Srikandi PP Kota Cilegon Saat Peringati Isra Mi’raj

– Mereka berisiko lebih besar terkena Covid-19
– Mereka mungkin berisiko lebih besar terkena penyakit parah apabila terpapar Covid-19
– Mereka mungkin berisiko lebih besar mengalami kondisi kesehatan baru atau memburuk.

7. Piagam Penghargaan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Cilegon atas Keberhasilan Pemkot Cilegon dalam mendukung pelaksanaan PPKM Mikro dengan predikat terbaik. Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro akan diterapkan selama dua pekan, mulai Selasa (9/2) hingga 22 Februari 2021.

Aturan ini mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 tentang penanganan virus corona (Covid-19). Kebijakan PPKM Mikro dikeluarkan karena PPKM sebelumnya dianggap kurang efektif menekan penyebaran virus, sehingga diperlukan pengendalian infeksi virus corona dalam skala lebih kecil. Pemerintah sebelumnya telah menjalankan kebijakan PPKM Jawa-Bali selama dua periode. Ini bentuk Inovasi Pemerintah Kota Cilegon.

8. Tanda Kehormatan Wredatama Nugraha Utama Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) memberikan Piagam Penghargaan dan Tanda Kehormatan Wredatama Nugraha Utama yang diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas jasa dalam mendukung dan membina Organisasi Pensiunan Sipil / Aparatur Sipil Negara yang sangat bermanfaat bagi kemajuan dan perkembangan PWRI. Pemerintah Koat Cilegon juga telah melakukan beberapa hal terkait Pensiunan ASN ini, diantaranya diadakan kegiatan penghormatan terakhir untuk calon pensiunan dan juga ahli waris ASN yang akan dilakukan setiap bulannya, dimana dalam kegiatan ini calon pensiunan dan ahli waris ASN diberikan cinderamata sebagai ucapan terima kasih atas pengabdiannya dalam membangun kota Cilegon.

9. Penghargaan Kota Layak Anak Kota Cilegon kembali meraih penghargaan untuk kedua kalinya sebagai Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Madya Tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Penghargaan ini diberikan pada Hari Anak Nasional secara virtual. Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak terdiri atas lima predikat, yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama dan Kabupaten/Kota Layak Anak. Penghargaan ini adalah komitmen negara untuk menjamin perlindungan anak, termasuk kewajiban Pemerintah Daerah untuk meaksanakan perlindungan anak.

10. Penghargaan Realisasi Investasi
Pemerintah Kota Cilegon, menerima penghargaan atas Pencapaian Realisasi investasi 2021 dari Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Kota Cilegon merupakan salah satu dari 10 daerah terbaik yang dapat memberikan kontribusi investasi
kepada negara. Pemberian penghargaan ini diberikan dalam rangka apresiasi kepada kepala-kepala daerah baik gubernur, bupati, kepala walikota, dan seluruh perangkatnya yang turut membantu Kementerian Investasi dalam mencapai keberhasilan realisasi investasi di tahun 2021. Investasi PT Lotte Chemical Indonesia yang sempat tertunda tapi saat ini telah jalan dengan nilai investasi sebesar Rp60 triliun.

11. Penghargaan Property dan Bank Award XVI 2022 Pemerintah Kota Cilegon melalui Wali Kota Cilegon, menerima penghargaan Sebagai Kepala Daerah Paling Inspiratif Dalam Pengelolaan Kota dari Majalah Property & Bank dan majalah MyHome yang merupakan bagian dari Jurnalis Media Network. Pemberian penghargaan ini diberikan dalam rangka apresiasi terhadap kinerja Wali Kota yang baru satu tahun menjabat, namun sudah banyak daerah yang lain yang datang berkunjung ke Kota Cilegon. Hal ini untuk belajar menata Kota Cilegon dengan baik. dalam kondisi di tengah pandemi Covid-19, ternyata mampu mengembangkan teknologi pengelolaan
sampah’ menjadi bahan bakar jumputan padat untuk co-firing pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) bekerjasama dengan PT. PLN. Selan itu, Wali Kota Cilegon meluncurkan Aplikasi ojek online pangkalan (OPANG) yang menambah penghasilan tukang ojek pangkalan Cilegon dan tidak mudah melakukan inovasi pada situasi pandemi Covid-19
sekrang ini.

12. Penghargaan Tenaga Kesehatan Nutrisionis Terbaik Tingkat Nasional dari Kementerian Kesehatan Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Kesehatan Cilegon, menerima penghargaan Sebagai juara 1 Nutrisionis Teladan di raih oleh Esi Widiastuti, S. Gz dari PKM Citangkil.

Pemberian penghargaan ini diberikan Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional Ke-57 dan dalam rangka apresiasi terhadap kinerja tenaga kesehatan di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here