Hujan Deras Tak Surutkan Semangat Pemkot Cilegon Peringati Hari Lahir Pancasila

9

CILEGON,- Medianews.co.id,- Pemerintah Kota Cilegon menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada Senin (03/06), yang kali ini diadakan di Aula Setda II Cilegon. Upacara yang biasanya dilaksanakan di Halaman Kantor Wali Kota Cilegon terpaksa dipindahkan ke dalam ruangan akibat hujan deras yang mengguyur kota sejak pagi.

Dengan mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024”, upacara tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian. Hadir dalam acara ini Wakil Wali Kota Cilegon, Sanuji Pentamarta, Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Maman Mauludin, unsur Forkopimda Kota Cilegon, serta para Pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon.


Dalam amanatnya, Wali Kota Helldy Agustian menyerukan kepada seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan.
“Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” ujar Helldy.

Helldy juga menegaskan bahwa Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia menuju kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi saat ini.
“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, sehingga dapat dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Baca juga  PAC Pemuda Pancasila Ranting Cikerai Gelar Santunan Anak Yatim dan Dhuafa Dalam Momentum Hari Lahir Pancasila


Lebih lanjut, Helldy mengungkapkan bahwa situasi global saat ini menimbulkan tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Ia berharap Pancasila dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. “Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana. Buatlah konten-konten dan narasi positif yang dapat mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Helldy juga mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia untuk terus bergotong royong merawat nilai-nilai Pancasila.
“Untuk menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai salah satu wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila, kerjasama dan kolaborasi harus dilakukan oleh seluruh komponen bangsa Indonesia. Semoga peringatan ini dapat memompa semangat kita untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkasnya.

Sebagai bagian dari upacara, juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan dari Kepala Arsip Nasional kepada Pemerintah Kota Cilegon sebagai pemerintah daerah kabupaten/kota dengan kinerja terbaik di Provinsi Banten berkategori A (Memuaskan). Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil pengawasan kearsipan tahun 2023.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Cilegon ini menegaskan pentingnya nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan panduan hidup bangsa Indonesia, terutama dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini