KSOP Kelas 1 Banten Gelar Gerakan Aksi Kebersihan Pantai

55

Cilegon,- Medianews.co.id- Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banten , menggelar Gerakan aksi bersih-bersih pantai di Pantai Pelangi Mabak Pulo Merak, Cilegon, Banten, Selasa (20/9/2022).

Aksi ini, melibatkan seluruh stakeholder. Di antaranya, Polsek Merak, KKP, Bea Cukai, Forkopimda termasuk perusahaan pelayaran nasional dan domestik serta buruh dan warga.

Kepala KSOP Kelas 1 Banten Brigjen Pol. Capt. Hermanta menjelaskan gerakan aksi bersih-bersih pantai di sekitar area pesisir pantai tersebut dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2022.

“Giat ini dilakukan secara serentak dari Sabang sampai Merauke, sesuai arahan Menteri Perhubungan. Jadi seluruh UPT Perhubungan darat, laut dan udara serta KAI, melaksanakan Harhubnas serentak dengan rangkaikan kegiatan seperti bersih-bersih pantai secara Nasional serta giat kampanye keselamatan pelayaran serta kemanusiaan,” ungkapnya.

Lanjut Hermanta, tentunya hal ini dilakukan antar wilayah perairan Indonesia agar lebih bersih, nyaman dan bisa dimanfaatkan lebih baik oleh masyarakat pesisir pada khususnya dan wilayah masyarakat pada umumnya.

“Dengan adanya gerakan ini untuk meningkatkan rasa kepedulian dan kesadaran masyarakat akan kelestarian alam agar menciptakan kenyamanan dan keselamatan di pelayaran,” terangnya.

Baca juga  Warga Jakung Gerudug Kantor Kelurahan Cilowong

Kegiatan tersebut kata Hermanta, diharapkan bisa memotivasi warga khususnya di area pesisir pantai, untuk mengelola sampahnya dengan baik.

“Tanggung jawab kebersihan pantai kata dia, bukan hanya tanggung jawab kemaritiman. Namun, merupakan tanggung jawab semua pihak, bagaimana pun dibersihkan pantai tidak akan bisa bersih jika sikap masyarakat masih membuang sampah di laut,” terangnya.

Hermanta mengaku khawatir dengan kondisi pantai di Indonesia, yang disebabkan oleh sampah plastik.

“Setidaknya ada sifat mencintai lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan,” harapnya.

Sementara itu Walikota Cilegon Heldy Agustian menambahkan Pemda Cilegon mengapresiasi gerakan aksi bersih-bersih sampah di pesisir pantai yang digelar oleh KSOP Kelas 1 Banten karena bisa memotivasi masyarakat untuk lebih menjaga kelestarian alam.

“Kami sangat senang sekaligus bangga dengan ide kreatif ini, dari dukungan beberapa organisasi kelautan yang bersama-sama mengikuti aksi bersih- bersih pantai. Mudah-mudahan ini menjadi contoh untuk daerah-daerah lain,” tambahnya.

( Ana/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini