KIM Kecamatan Pulomerak Diminta Angkat Potensi Wisata

16

  CILEGON,- Medianews.co.id,- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Statistik dan Persandian Kota Cilegon bersama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Cilegon kembali menggelar Ngobras alias ngobrol santai sareng KIM, di ruang rapat Camat Pulomerak, Rabu 12 Juni 2024.

Hadir dalam acara tersebut Camat Pulomerak Adhe Heru Sanjaya, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Kota Cilegon Ipung Ernawati Setyaningrum, Ketua KIM Kota Cileogn Irwan Setiawan, perwakilan Komunitas Anak Pulo, serta anggota KIM se-Kecamatan Pulomerak.

Dalam kesempatan itu, Camat Pulomerak Adhe Heru Sanjaya mengajak anggota KIM Pulomerak untuk mengoptimalkan sektor pariwisata sebagai andalan. Optimalisasi tersebut bisa melalui pemberdayaan publikasi dan informasi, serta membantu mendorong peningkatan fasilitas sarana dan prasarananya.

“Di Kecamatan Pulomerak setidaknya ada dua lokasi pariwisata yang bisa kita jual, yakni Pulau Merak Kecil dan Bukit Teletubbies. Sekarang tingkat kunjungannya lumayan banyak. Apalagi di akhir pekan, terutama di Pulau Merak Kecil, itu ramai sekali,” kata Adhe.

Selama ini, kata Adhe, pihaknya sudah mengajak komunitas masyarakat untuk mengembangkan potensi wisata yang ada agar destinasi wisata lebih terawat sehingga tingkat kunjungannya juga semakin ramai.

Baca juga  Gelar Ngobras di Kecamatan Citangkil, KIM Diminta Luruskan Berita Hoak

“Pulau Merak Kecil itu dari sisi layanan dan kebersihannya kita punya Komunitas Anak Pulo. Setiap hari mereka merawat kebersihan di pulau tersebut. Alhamdulillah sudah berjalan lama,” terangnya.

Kepala Bidang IKP Dinas Kominfo Kota Cilegon Ipung Ernawati Setyaningrum mengaku tengah berupaya agar ke depan KIM Kota Cilegon dalam implementasinya sesuai dengan arahan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No. 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial.

“Kami mengapresiasi arahan Pak Camat Pulomerak terkait potensi pariwisata di wilayahnya yang perlu dukungan agar lebih berkembang. Memang inilah seharusnya KIM, dimana ada komunitas di dalamnya yang konsen terhadap masalah tertentu seperti pengembangan wisata yang dilakukan Komunitas Anak Pulo,” katanya.

Sementara itu, Ketua KIM Kota Cilegon Irwan Setiawan mengatakan bahwa Pulomerak merupakan kecamatan keempat yang dikunjunginya bersama Dinas Kominfo Kota Cilegon pada kegiatan Ngobras.

“Tujuan kita adalah membentuk pengurus baru di setiap kecamatan karena kepengurusan periode sebelumnya di tingkat kecamatan sudah habis. Kedua, bagaimana kita menggali dna mengangkat potensi di masing-masing wilayah, kira-kira apa yang bisa kita angkat untuk dipublikasi dan promosikan sama-sama,” kata Irwan. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini