Kota Cilegon Raih Penghargaan UPK Terbaik Nasional

7

Cilegon,- Medianews.co.id,- Kota Cilegon tidak henti-hentinya mengukir prestasi Nasional. Kali ini, penghargaan diterima Unit Pengelolaan Keuangan (UPK) Jaya Lestari Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Purwakarta kategori UPK Terbaik Nasional yang diberikan pada program Kotaku Awards Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI) di Hotel Bidakara, Jakarta Rabu 21 Juni 2023.

“Alhamdulillah, Kota Cilegon mendapat penghargaan kategori UPK Terbaik Nasional pada Kotaku Awards di Kementerian PUPR,” kata Siti Aslamiyah, Pembuku UPK Kebondalem, Kecamatan Purwakarta usai menerima penghargaan di Jakarta, Rabu 21 Juni 2023.

Dijelaskan Siti, UPK Jaya Lestari merupakan lembaga yang mengelola dana bergulir Program Peningkatan Penghidupan Masyarakat Berbasis Ķomunitas  (PPMK) dibawah naungan Badan Keswadayaan  Masyarakat (BKM) dan program KOTAKU  dari Kementerian PUPR. “UPK Jaya Lestari Kebondalem dinilai berhasil mengelola dana bergulir tersebut. Indikator penilaiannya adalah nilai dari proses perencanaan,pengembalian lancar,administrasi dan pembukuan bagus dan output program yang memiliki dampak baik kepada peminjam serta lainnya. Alhamdulillah programnya berjalan cukup lancar,” tuturnya.

Menurut Siti, Perguliran dana bergulir  mulai menggeliat   sejak 2014 dengan nilai Rp 100 juta. Nilai dana bergulir tersebut terus mengalami kenaikan setiap tahun, sehingga pada Februari 2023 mencapai Rp 1,7 miliar. “Sasaran program dana bergulir ini adalah para pelaku usaha kecil menengah (UMKM-red) yang bergerak di bidang olahan makanan,” tuturnya.

Dijelaskan Siti, program dana bergulir UPK Jaya Lestari itu berbeda dengan dana bergulir program yang dijalankan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Cilegon. “Kami memberikan bantuan dana bergulirnya kepada KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) yang memiliki anggota 5 orang atau pelaku usaha. Minimal pinjaman Rp 3 juta dan maksimal Rp 5 juta dengan lama pengembalian 10 bulan .Sebagai langkah untuk memaksimalkan program dana bergulir ini, kami sering melakukan rapat evaluasi pengurus dan rapat ‘rapat dengan calon peminjam untuk melakukan sosialisasi agar usahanya berjalan lancar,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan apresiasi kepada UPK Kebondalem yang telah berhasil meraih penghargaan dari Kementerian PUPR RI sebagai UPK Terbaik Nasional. “Para pelaku usaha kecil menengah ini (UMKM-red) menjadi perhatian serius Pemkot Cilegon. Berbagai program peningkatan kualitas usaha dan pinjaman dana bergulir serta pemasaran produknya terus dibantu pemerintah. Semoga UMKM kita terus mengalami kemajuan dan semakin sejahtera,” kata Helldy seraya meminta agar para pegawai dilingkungan Pemkot Cilegon untuk terus berinovasi tanpa mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cilegon. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here