Membantu Masyarakat Kota Cilegon dengan Distribusi Air Bersih: Inisiatif DPD KNPI dan Ditkrimsus Polda Banten

9

Cilegon, Medianews.co.id,- Di Kota Cilegon, sebuah tindakan luar biasa telah dilakukan untuk membantu masyarakat yang menghadapi kesulitan dalam mendapatkan pasokan air bersih. Pada hari Senin, tanggal 28 Agustus 2023, Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Cilegon meluncurkan sebuah program yang bertujuan untuk mendistribusikan air bersih kepada warga di Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

Rizki Putra Sandika, Ketua DPD KNPI Kota Cilegon, menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan beberapa titik distribusi, termasuk Linkungan Tembulum, Linkungan Gunung Batur, dan Linkungan Cipala. Total keseluruhan, 10 mobil tangki air dikerahkan dalam upaya ini. “Tahap awal kami mendistribusikan air sebanyak 32 ton ke Linkungan Tembulum melalui 4 mobil tangki,” ungkap Rizki.

Inisiatif distribusi air bersih ini menjadi mungkin berkat kerja sama yang erat antara DPD KNPI dan Ditkrimsus Polda Banten. Kolaborasi ini bertujuan untuk merespons dampak dari fenomena El Nino yang telah menyebabkan keterbatasan pasokan air bersih di wilayah Kota Cilegon. Rizki mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Ditkrimsus Polda Banten serta para pengurus KNPI Kota Cilegon yang secara sukarela turut serta dalam upaya ini, mengatasi krisis air bersih akibat dampak El Nino dan musim kemarau yang berkepanjangan.

Rizki juga mengungkapkan tantangan yang dihadapi oleh wilayah pegunungan dalam mendapatkan air bersih. Ia menyebut bahwa wilayah ini jarang dilibatkan dalam distribusi air tangki, sehingga pemukiman di daerah tersebut kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih. “Beberapa tahun yang lalu, air pernah diantarkan ke wilayah ini melalui mobil tangki, dan baru kali ini kembali terlaksana,” tambahnya.

Baca juga  Ranting Lontarbaru Pemuda Pancasila Kecamatan Serang Santuni Anak Yatim

Lebih lanjut, DPD KNPI Kota Cilegon mendorong semua pihak terkait, termasuk industri, untuk lebih memperhatikan kebutuhan masyarakat akan air bersih. Kolaborasi dan kerja sama di antara seluruh stakeholder di Kota Cilegon diharapkan dapat menjadi solusi bagi masalah ini. Rizki menegaskan peran penting generasi muda dalam merespons aspirasi masyarakat. “Pemuda hari ini harus turun tangan berkarya nyata untuk menjawab aspirasi rakyat, kami yakin Pemuda bisa diandalkan,” ungkapnya dengan optimisme.

Sementara itu, Oji Sugiawan, seorang pemuda dari Tembulum, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas inisiatif dari DPD KNPI Kota Cilegon. Ia merasakan dampak positif distribusi air bersih ini, dengan warga antusias mengambil air yang telah didistribusikan hingga larut malam. Oji berterima kasih kepada DPD KNPI Kota Cilegon dan Ditkrimsus Polda Banten atas bantuan air bersih yang telah diberikan kepada warga Tembulum.

Inisiatif berharga ini mengingatkan kita akan daya solidaritas dan kolaborasi yang mampu mengatasi tantangan nyata dalam masyarakat. DPD KNPI Kota Cilegon dan Ditkrimsus Polda Banten telah memberikan contoh nyata tentang bagaimana perhatian terhadap kebutuhan dasar dapat mewujudkan perubahan positif di komunitas yang memerlukannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini